Ebook Teknisi Laptop Ebook Teknisi Laptop Ebook Teknisi Laptop Ebook Teknisi Laptop Ebook Teknisi Laptop Ebook Teknisi Laptop

Windows Tidak Membaca Memori RAM Secara Utuh

Windows tidak membaca memori RAM secara utuh adalah realita. Instalasi  RAM adalah sesederhana menempatkan RAM baru ke dalam slot dan menyalakan komputer. Namun, sejumlah masalah  perangkat keras dan perangkat lunak dapat menyebabkan masalah saat memasang RAM baru. Windows tidak membaca memori RAM secara utuh, itulah masalahnya. Terlebih jika anda menggunakan windows versi 32 bit. Windows harusnya bisa menggunakan sebagian besar RAM yang telah dipasang. Jika Windows tidak dapat mengenali semua RAM yang telah Anda pasang, ada masalah.

Windows Tidak Membaca Memori

Windows Tidak Membaca Memori Dengan Utuh Pada Windows 32-Bit

Versi 32-bit Windows memiliki batasan memori yang rendah. Jumlah maksimum RAM yang didukung oleh Windows 8, Windows 7, Windows Vista, dan Windows XP 32 bit, adalah 4 GB tepatnya hanya 3GB. Jika Anda memiliki memori lebih dari 4 GB, Anda memerlukan versi Windows 64 bit untuk memanfaatkannya. Untuk memeriksa versi Windows yang Anda gunakan, tekan tombol Windows, ketik sistem, lalu pilih opsi System. (Pada Windows 8, Anda harus mengklik Settings sebelum memilih System.)

Versi Windows Memiliki Batas RAM

Jika Anda menggunakan Windows versi 32-bit, Anda harus menginstal versi 64-bit untuk memanfaatkan semua RAM Anda. Perbedaan 32-bit vs. 64-bit bukanlah satu-satunya hal yang bisa membatasi jumlah RAM yang Anda miliki. Edisi Windows juga memiliki keterbatasan tersendiri sehingga Windows tidak membaca memori sedara full. Misalnya, jika Anda menggunakan Windows 7 Starter, Anda hanya bisa menggunakan RAM hingga 2 GB, bukan 4 GB. Windows 7 Home Basic Users hanya bisa menggunakan RAM maksimal 8 GB, bahkan jika mereka menggunakan versi Windows 64-bit. Untuk daftar lengkap pembatasan pada setiap versi Windows, lihat halaman Memory Limits for Windows Releases berikut ini contoh pada windows 10.

Windows Tidak Membaca Memori

Memori dialokasikan ke Kartu Grafis Internal atau Perangkat Lain

Komponen perangkat keras sering menggunakan beberapa memori sistem internal Anda (RAM) untuk dirinya sendiri. Sebagai contoh, sementara kartu grafis diskrit (GPU) dilengkapi dengan RAM sendiri, grafis onboard (juga dikenal sebagai grafis terintegrasi) menggunakan sebagian RAM sebagai memori videonya.
Komputer Anda mungkin juga mengalokasikan sebagian RAM Anda ke perangkat keras lain, seperti perangkat keras jaringan sehingga Windows tidak membaca memori seluruhnya. Untuk menentukan berapa banyak RAM Anda yang dipesan untuk perangkat keras dan berapa banyak yang dapat digunakan oleh Windows, gunakan jendela Sistem yang disebutkan di atas.

Motherboard Anda Memiliki Batas RAM

Hal berikut yang menyebabkan Windows tidak membaca memori secara utuh adalah motherboard yang memiliki batas RAM. Hanya karena bisa memasukkan stik RAM ke motherboard tidak berarti motherboard Anda bisa menggunakan semua memori yang terpasang. Untuk mengetahui apakah motherboard “membaca” semua RAM, masuk dulu BIOS komputer. Untuk melakukannya, restart komputer dan tekan tombol yang muncul di layar saat booting (sering kali Delete atau F2). Cari bagian informasi sistem dan cari informasi jumlah RAM di komputer Anda.

RAM Tidak Terpasang Dengan Benar

Jika Anda tahu motherboard Anda mendukung semua RAM yang terpasang, namun tidak muncul di BIOS Anda, Anda mungkin tidak memiliki RAM yang terpasang dengan benar saat Anda memasangnya. Pastikan Anda membumi sehingga Anda tidak akan merusak perangkat keras dengan listrik statis. Lepaskan stik RAM dan pasang kembali dengan hati-hati, pastikan terkunci pada tempatnya dengan benar. Jika tidak terpasang dengan benar, Windows tidak membaca memori seluruhnya atau tiidak menggunakannya.

Masalah Pada Memori Itu Sendiri

Jika Anda mengalami masalah yang berkaitan dengan RAM, beberapa RAM mengalami kerusakan. Download dan jalankan alat tes memori seperti memtest86 atau yang lain . Jika RAM Anda gagal dalam tes, mungkin saatnya melepas satu stik RAM sekaligus dan menjalankan kembali tes untuk mengidentifikasi stik yang rusak.


SUPER DISKON 60% Ebook Teknisi Laptop-PC-Ponsel!


Mulai menggeluti dunia Komputer sejak tahun 2005, lahirlah ebook yang kami tulis dalam daftar di bawah ini.

Ebook Utama (Karya tulis Agus Sale, S.Pd) :

  1. Ebook Panduan Teknisi Komputer
  2. Ebook Teknis Laptop
  3. Ebook Membedah Motherboard Laptop
  4. Ebook PC Motherboard Repair
  5. Ebook Jaringan Komputer
  6. Ebook LVD TV Repair
  7. Ebook Panduan Teknisi Ponsel
  8. Ebook Troubleshooting Dan Solusi Kerusakan Hardware Laptop
  9. Ebook Hard Drive Repair
  10. Ebook Repair Monitor LCD
  11. Ebook Repair Power Supply PC
  12. Ebook Mastering Bios
  13. Tutorial Power Point
  14. Ebook Ebook Repair Printer
  15. Ebook Ebook Panduan Teknisi Elektronika
Bonus (Bukan karya tulis saya tetapi penulisnya share gratis):
  1. Ebook Belajar Mikrotik
  2. Ebook Belajar Window 7
  3. Ebook Belajar Photoshop
  4. Ebook Belajar Corel
  5. Ebook Belajar Macromedia Dreamweaver
  6. Ebook Visual Belajar Basic
  7. Ebook Belajar Delphi
  8. Ebook Belajar Macromedia Flash

Semua Ebook (15 Ebook) di atas jika Anda beli sekarang, cukup dengan harga Rp.197.000,- saja. Minat? KLIK DINISI.


Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • DISKON EBOOK