Upgrade Memori Laptop, Beberapa hal Penting Diperhatikan


>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<<
ebook-servis-komputer

Upgrade Memori LaptopUpgrade Memori Laptop tidak asal upgrade tentu saja. Mengapa demikian? Karena perangkat laptop termasuk memori mempunyai karakter dan identitas tertentu. Perbedaan ini menunjukkan bahwa penggantian maupun penambahan memori laptop tidak asal kerja saja. Dalam artikel ini ada beberapa hal yang saya berikan yang patut diperhatikan dalam rangka upgrade memori laptop anda.

Upgrade Memori Laptop, Beberapa hal Penting Diperhatikan

Sebuah memori laptop komputer (disebut RAM) adalah salah satu komponen sederhana untuk diganti atau di-upgrade. Meningkatkan jumlah memori adalah salah satu cara mempercepat kinerja laptop. Kami menunjukkan bagaimana cara mengganti modul memori di komputer notebook dalam panduan ini.


Dasar Pemahaman Memori Komputer

Random Access Memory Sebuah komputer disingkat RAM adalah penyimpanan jangka pendek komputer. RAM tidak berhubungan dengan drive penyimpanan komputer (sering disebut hard drive) di mana file disimpan. Sebuah komputer menggunakan RAM untuk menyimpan data atau program dan sistem operasi yang perlu diakses cepat. Semakin besar RAM komputer, semakin baik kinerjanya terutama ketika menjalankan beberapa aplikasi pada waktu yang sama. Itu sebabnya user sering melakukan upgrade memori laptop untuk meningkatkan kinerja laptop.

Secara fisik, berbicara modul RAM notebook adalah sebuah chip komputer persegi panjang, kotak hitam di atasnya adalah chip memori dan papan sirkuit hijau memegang dan menghubungkan mereka bersama-sama. Pin emas pada satu sisi dimasukkan ke slot khusus pada papan sirkuit utama komputer ( motherboard ) dan memungkinkan komputer untuk mentransfer informasi melalui sinyal listrik. Komputer notebook biasanya memiliki satu atau dua modul RAM. Jika hanya satu modulnya maka berarti upgrade memori laptop hanya bisa dilakukan dengan penambahan kapasitas, bukan penambahan jumlah fisik memori

Fakta yang menarik tentang RAM adalah bahwa tidak seperti hard drive atau flash storage, RAM membutuhkan daya untuk menyimpan data, setelah komputer dimatikan, semua data dalam RAM akan hilang. Ketika komputer boot up, data-data tertentu dibaca dari drive penyimpanan ke RAM. Umumnya spesifikasi yang paling penting ketika membeli RAM adalah kapasitas (biasanya tercantum dalam gigabyte atau GB). RAM lebih besar lebih baik secara umum. Hati-hati ketika melakukan upgrade memori laptop karena ada batasan memori yang dapat dikonsumsi komputer. Kita akan membicarakannya pada bagian berikutnya.

Memulai Upgrade Memori Laptop

Kita perlu dua potongan informasi untuk melakukan Upgrade Memori Laptop, mungkin: jenis memori komputer Anda dan berapa besar kapasitas memori yang dapat digunakan oleh laptop. Kemudian kita akan melihat beberapa tips saat berbelanja memori.

Catatan 1: Memori jenis Apa yang komputer Anda gunakan?

Gunakan tool freeware yang disebut CPU-Z untuk mengidentifikasi jenis memori di notebook anda saat ini. Download software di sini:http://www.cpuid.com/softwares/cpu-z.html

Catatan 2: Berapa besar memori yang digunakan komputer saya?

Jika anda melakukan Upgrade Memori Laptop tanpa memperhatikan hal ini maka bisa jadi usaha anda akan sia-sia. Kemampuan sebuah laptop menggunakan memori ada batasannya. Cara paling mudah untuk mengetahui berapa banyak memori komputer Anda dapat mengatasi adalah dengan mencarinya di situs web produsen, masuk ke mesin pencari dan ketik data dan model komputer Anda. Contoh laptop ‘HP EliteBook 8740w’; hasil pertama adalah link ke situs web HP yang memiliki spesifikasi produk, termasuk memori yang terdaftar maksimal. Komputer ini memiliki maksimum 8GB melalui dua modul 4GB.

Catatan 3: Berapa besar kapasitas memori maksimal dari sistem operasi laptop saya?

Seperti komputer itu sendiri, sistem operasi juga memiliki batasan pada berapa banyak memori yang dapat digunakan, batas ini mungkin lebih tinggi atau lebih rendah dari apa yang dapat ditangani komputer. Batas ini terutama ditentukan oleh apakah sistem operasi adalah 32 – atau 64-bit. Contoh, jika anda menggunakan windows dengan 32bit maka batas maksimal memori yang mampu ditampung adalah 3GB saja, jika melakukan Upgrade Memori Laptop lewat dari itu maka mubasir.

Gambar di atas harus anda lihat sendiri di laptop anda sebelum mengupgrade memori. Caranya dari jendela desktop, klik kanan pada icon [Computer] dan pilih properties. Anda akan melihat tampilan apakah komputer menggunakan 32- atau 64-bit operating system.

Apa maksud dari 32/64-bit ini?

  • 32-bit: anda dibatasi pada 4GB total memory
  • 64-bit: anda dibatasi pada seberapa banyak fisik memory yang bisa ditangani laptop anda.

Catatan 4: Apa lagi yang perlu diperhatikan?

Jika anda Upgrade Memori Laptop dan semua catatan saya sebelumnya sudah tepat, satu yang terakhir bahwa usahakan jika anda menambahkan module memori menjadi dua, gunakan merk dan tipe yang sama. Walau sudah memenuhi standard ketat namun selalu ada celah masalah keitka menggunakan merk pabrikan memori yang berbeda. Itu pengalaman saya dalam pekerjaan ini.

Kesimpulan:

Upgrade memori laptop atau RAM komputer Anda adalah salah satu cara yang paling efektif untuk memperpanjang usia laptop. Ketika upgrade atau mengubah modul memori komputer, penting untuk memahami berapa banyak yang dapat ditambahkan. Memori baru harus benar-benar diuji setelah instalasi menggunakan program uji memori seperti memtest86+.

Ebook berikut ini akan sangat membantu Anda:
  • 1. Ebook Panduan Teknisi Komputer
  • 2. Ebook Teknis Laptop
  • 3. Ebook Memperbaiki Motherboard Laptop
  • 4. Ebook Pc Motherboard Repair
  • 5. Ebook Jaringan Komputer
  • 6. Ebook LED-LCD TV Repair
  • 7. Ebook Panduan Teknisi Ponsel
  • 8. Ebook Panduan Windows 10
  • 9. Ebook Hard Drive Repair
  • 10. Ebook Repair Monitor LCD
  • 11. Ebook Repair Power Supply PC
  • 12. Ebook Panduan Teknisi Elektronika

Keterangan selengkapnya, silahkan KLIK DINISI

Tags: ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *