Troubleshooting VGA Laptop, Tipikal Kerusakan dan Solusi


>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<<
ebook-servis-komputer

Troubleshooting VGA LaptopTroubleshooting VGA Laptop adalah pekerjaan yang sangat menantang. Pemecahan masalah kartu grafis rusak pada laptop dapat menjadi proses yang memakan waktu dan sering tidak jelas. Namun, ada beberapa langkah yang dapat ketika dilakukan secara berurutan, dapat memperbaiki kerusakan atau membuktikan bahwa kartu grafis tertentu harus dikembalikan ke produsen karena cacat. Banyak faktor yang dapat berkontribusi ke kartu grafis laptop rusak. Panduan cara servis laptop dalam Troubleshooting VGA Laptop ini akan mencakup tipe kerusakan vga laptop dan solusinya.

Troubleshooting VGA Laptop Secara Umum

Troubleshooting VGA Laptop 1 – Driver Chipset

Hal pertama yang harus perhatikan ketika troubleshooting vga laptop adalah driver chipset. Ini untuk memastikan semua pada motherboard berjalan sebagaimana mestinya. Ada software free untuk menentukan chipset apa yang Anda gunakan pada laptop. Ikuti petunjuk untuk menemukan driver, kemudian masuk ke situs web produsen dan men-download driver terbaru.

Troubleshooting VGA Laptop 2 – Driver Kartu Video

Masalah utama dengan troubleshooting vga laptop adalah driver video. Anda perlu menentukan kartu video apa yang Anda gunakan (klik “Start” kemudian klik kanan pada “Computer,” kemudian klik kiri pada “Properties”). Masuk ke situs produsen kartu video dan download driver terbaru. Jangan langsung menginstalnya, tapi simpan pada desktop dulu. Sebaliknya, masuk ke “Add / Remove Hardware” dan uninstall driver video tua. Setelah ini, instal driver baru dan kemudian restart komputer Anda untuk menerapkan efek.

Troubleshooting VGA Laptop 3 – Overheating

Salah satu kemungkinan penyebab masalah dengan kartu video laptop adalah laptop overheating. Troubleshooting vga laptop yang harus dilakukan adalah matikan laptop dan biarkan beberapa waktu agar benar-benar dingin sebelum restart. Jika laptop berjalan dengan baik setelah itu, semua baik dan bagus, tetapi jika masalah video card laptop kambuh setelah berjalan beberapa saat, Anda perlu melihat tentang pendingin laptop. Mungkin anda memerlukan mengganti kipas, atau bisa mencoba membersihkan jendela sirkulasi udara atau plat aluminium pendingin.

Troubleshooting VGA Laptop 5 – CPU Dan RAM

Ada kemungkinan bahwa masalah dengan kartu video laptop sebenarnya dalam sistem suara jika masalah terjadi ketika bermain game, karena saat itulah mereka berada di titik stres. Uji RAM dengan menggunakan perangkat lunak seperti MemTest86. Anda hanya dapat melakukan ini jika Anda akrab dengan komputer yaitu membuat disk bootable tes.

Tipikal Kerusakan Video Card Laptop

Anda dapat menggunakan metode berikut untuk pemecahan masalah yang berkaitan dengan kartu grafis. Katakanlah layar tidak bekerja dengan benar. Gambar terdistorsi atau kacau. Apakah masalah ini berkaitan dengan board VGA atau layar LCD? Hubungkan laptop Anda ke monitor eksternal dan lihatlah output video eksternal. Jika Anda melihat masalah yang sama seperti pada layar LCD internal, kemungkinan besar itu terkait dengan board VGA. Jika video pada monitor eksternal bekerja dengan baik dan masalah muncul hanya pada layar LCD internal, kemungkinan besar masalah Anda berhubungan dengan layar LCD atau LCD kabel.

Di bawah ini Anda dapat melihat beberapa gambar yang diambil dari sebuah laptop dengan kartu video rusak.

  • Ketika Anda start laptop, layar start dengan logo produsen tidak ditampilkan dengan benar di kedua layar LCD internal dan monitor eksternal. Anda dapat melihat karakter acak, garis vertikal berjalan melalui logo, warna acak, dll …

  • Masalah yang sama muncul ketika laptop menampilkan menu boot. Layar tidak bisa dibaca sama sekali, atau ada beberapa karakter acak di seluruh gambar.

  • Akhirnya, laptop memulai Windows loading, tetapi gambar pada kedua layar masih kacau.

 

Masalah seperti di atas tidak terkait dengan layar laptop atau board inverter. Jika kartu video terintegrasi ke dalam motherboard dan gagal, pertimbangkan melakukan reflow-reball atau akhirnya mengganti motherboard.

Ebook berikut ini akan sangat membantu Anda:
  • 1. Ebook Panduan Teknisi Komputer
  • 2. Ebook Teknis Laptop
  • 3. Ebook Memperbaiki Motherboard Laptop
  • 4. Ebook Pc Motherboard Repair
  • 5. Ebook Jaringan Komputer
  • 6. Ebook LED-LCD TV Repair
  • 7. Ebook Panduan Teknisi Ponsel
  • 8. Ebook Panduan Windows 10
  • 9. Ebook Hard Drive Repair
  • 10. Ebook Repair Monitor LCD
  • 11. Ebook Repair Power Supply PC
  • 12. Ebook Panduan Teknisi Elektronika

Keterangan selengkapnya, silahkan KLIK DINISI

Tags: , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *