Ebook Teknisi Laptop Ebook Teknisi Laptop Ebook Teknisi Laptop Ebook Teknisi Laptop Ebook Teknisi Laptop Ebook Teknisi Laptop

Troubleshooting Laptop Tidak Ada Suara

Laptop Tidak Ada Suara Kasus Laptop Tidak Ada Suara pada Sony VAIO VGN-T350P. Sony VAIO VGN-T350P dengan Windows XP SP2 dan telah digunakan selama sekitar 7 bulan. Benar-benar tidak ada masalah dengan laptop dan saat ini sistem suara tidak lagi berfungsi dan tidak ada audio berasal dari speaker onboard atau steker headphone. Di bawah pengaturan suara, sistem memberitahu saya tidak ada perangkat. Saya mencoba untuk menginstal ulang driver audio yang ADI SoundMax dari website Sony tapi kurang keberuntungan. Sudah juga mencoba untuk menginstal ulang SP2 tapi tidak berhasil.

Suara mungkin akan diintegrasikan ke dalam motherboard sehingga Anda tidak akan dapat mengganti hanya cartu suara. Maka kasus Laptop Tidak Ada Suara dapat anda coba tips pemecahan masalah dibawah ini.

Solusi: Berikut ini adalah langkah-langkah diagnostik mungkin untuk mengisolasi dan menyelesaikan Laptop Tidak Ada Suara:

  1. Periksa untuk melihat apakah speaker built-in dimatikan – Tekan Fn + F3 untuk mengaktifkan speaker. Volume speaker bisa diputar ke minimum – Tekan Fn + F4, kemudian tekan tombol panah untuk meningkatkan volume. Jika laptop didukung oleh baterai, periksa bahwa kemasan baterai sudah terpasang dengan benar. Jika Anda menggunakan aplikasi yang memiliki kontrol volume sendiri, periksa volume dan dinaikkan.
  2. Periksa kontrol volume: Klik Start, arahkan ke Programs, arahkan ke Aksesoris, arahkan ke Entertainment dan kemudian klik Kontrol Volume dan naikkan. Jika ada speaker eksternal terhubung, periksa bahwa speaker sudah terhubung dan volume dinaikkan. Jika speaker memiliki tombol mute, pastikan itu dalam keadaan off. Jika speaker menggunakan baterai tersendiri, pastikan baterai sudah terpasang dengan benar.

  3. Jika sebelumnya Anda menghubungkan headphone atau kabel audio ke konektor headphone, lepaskan kabel. Jika kabel jack ini terpasang maka Anda tidak akan mendengar suara dari speaker built-in laptop Anda. Aktifkan port inframerah (jika ada). Anda dapat membeli soundcard PCMCIA untuk laptop jika suara benar-benar kabur pada laptop Anda.

Troubleshooting Laptop Tidak Ada Suara Kasus 2

Ketika anda menghidupkan aplikasi multimedia di laptop, baik music atau video sama sekali Laptop Tidak Ada Suara. Anda dapat mengecek driver sound sudah terinstal sempurna atau belum. Anda dapat memeriksa lewat Device Manager atau Sound and Audio Device Properties dengan cara berikut.

Lewat Device Manager

  1. Klik [start] > klik kanan [My Computer], lalu pilih [properties]
  2. Pada system Properties, klik tab Hardware dan klik Device manager
  3. Pada halaman Device Manager, klik 2 kali pada Sound, Video and Game controllers dan lihat apakah nama driver sound sudah ada
  4. Jika terdapat tanda Tanya, itu tandanya driver sound mengalami kerusakan dan anda harus menginstal driver sound lagi secara benar
  5. Jika terlihat nama driver sound, klik 2x nama driver sound tersebut hingga terlihat seperti gambar dibawah
  6. Akan tampil halaman Realtek High definition Audio Properties, karena sound card yang digunakan adalah Realtek dan pastikan pada Device Usage dalam pilihan use This device (enable).

Device manager:

  1. Melalui Sound and Audio Device Properties.
    1. Klik Start dan pilih Control Panel
    2. Pada halaman Control Panel, klik Sounds, Speech and Audio devices untuk tampilan Control panel Klasik Langsung saja klik Sounds And Audio Devices
    3. Selanjutnya Anda akan menemukan halaman Sounds and Audio Devices Properties. Klik tab audio dan lihat di bagian sound playback. Coba pilih device sound yang dalam keadaan baik. Jika sudah selesai klik ok.
    4. Jika suara tidak dapat berfungsi juga, kemungkinan penyebabnya adalah kerusakan Pada hardware.

Troubleshooting Laptop Tidak Ada Suara Kasus 3

 

Jika kartu suara terintegrasi dalam motherboard, Anda perlu menginstal driver chipset motherboard dan bukan sebuah driver kartu suara yang terpisah. Umumnya motherboard chipset adalah Intel, AMD, Via, Sis, dan Nvidia. Petunjuk dalam artikel ini menggunakan Windows XP sebagai contoh, tetapi semua tips berlaku pada Windows, termasuk Vista dan Windows 7, walaupun langkah-langkah dapat bervariasi sedikit.

Bagaimana mengecek audio device

  1. Silakan buka [Control Panel -> System -> Hardware] (ini relatif sesuai versi windows anda).
  2. Pada [Device Manager], lihat bagian [Sound, video and game controllers].

  3. Di sini Anda akan menemukan merek perangkat audio berdasarkan produsen chipset perangkat audio. Dalam contoh ini kita lihat mereknya adalah Realtek, tetapi contoh lain dari produsen perangkat audio ada juga C-Media, Creative, Turtle Beach dan Yamaha.
  4. Jika perangkat memiliki tanda tanya berwarna kuning maka berarti ada masalah dengan konfigurasi perangkat atau driver. Jika tidak ada perangkat tersebut, perangkat audio mungkin tidak diakui, dan Anda tidak akan menemukan driver perangkat lain di bawah kategori Sound, video dan kategori game. Sekali lagi, ini sebagian besar disebabkan oleh driver yang hilang. Instal driver yang tepat untuk menginstal perangkat audio.


  5. Dari gambar diatas, klik kanan udio device (atau unknown device) dalam Device Manager dan pilih [Properties].

  6. Hal pertama yang harus diperiksa adalah [Device usage] apakah kolom dibawahnya bertuliskan [Use this device (enable)], jika tidak berarti disini penyebab audio hilang.
  7. Selanjutnya pilih tab [Properties] dan buka grup [Audio Devices].

  8. Kliktombol [Properties] untuk membuka jendela audio device properties. Pada jendela ini, pastikan radio button [Use audio features on this device] terseleksi, kemudian klik [OK] untuk menutup jendela audio properties.

  9. Pada gambari dibawah ini, pilih tab [Driver].

  10. Di sini Anda dapat melihat rincian driver saat ini jika ada, dan memulai wizard [Update Driver] serta [Roll Back Driver]. Roll Back Driver dapat membantu jika Anda baru-baru ini memperbarui sebuah driver audio dan suara berhenti bekerja setelah itu. Windows menyimpan salinan dari driver sebelumnya, yang dapat dipulihkan oleh rolling kembali driver.
  11. Pada kasus tidak ada sound, tidak ada salahnya Anda mencoba melakukan update driver untuk memperbaiki driver yang rusak dengan menggunakan CD Mainboard jika sound card Anda menggunakan onboard.

Pemilihan Sound Card

Jika komputer Anda memiliki kartu audio onboard, dan Anda ingin menggunakan kartu suara yang terpisah (pci), pastikan Anda menonaktifkan perangkat suara onboard di BIOS komputer. Jika tidak, ini akan jadi sumber konflik perangkat audio yang tidak terdeteksi, atau tidak akan bekerja dengan baik.

Troubleshooting Laptop Tidak Ada Suara Saat Memutar Video Berformat .Rmvb

Banyak sekali orang yang mengalami masalah  saat memutar video berformat .rmvb (real media video) baik menggunakan  Media Player Classic (bawaan K-lite codec pack) yang codecnya sudah super lengkap maupun Windows Media Player, video bisa di diputar namun “tidak ada suara”. Kalau hal ini terjadi pada kita, mungkin telah terjadi kekacauan dengan codec yang terinstall di windows kita atau beberapa codec yang diperlukan hilang. Jika kita dapat memutar file RMVB pada Media Player Classic atau Windows Media Player, kita mungkin sudah memiliki baik Real Alternative codec ataupun K-lite Codec Pack terinstall di komputer kita. Tapi jika kita sudah memiliki Real Alternative codec ataupun K-lite codec pack terinstall namun hal itu masih terjadi, kami akan memberikan trik yang ampuh untuk mengatasi masalah tersebut.

  • Uninstall K-lite codec pack, lalu restart PC/Laptop
  • Download windows essential 20071007.zip Ekstrak file-file berikut dari file zip (ke suatu folder):

    cook.dll
    drv33260.dll
    drv43260.dll
    pncrt.dll
    sipr3260.dll

  • Copy file dll tersebut dan paste ke direktori C:\Windows
  • Install K-lite codec pack. Coba mainkan file rmvb dan lihat hasilnya…..

Incoming search terms:


SUPER DISKON 60% Ebook Teknisi Laptop-PC-Ponsel!


Mulai menggeluti dunia Komputer sejak tahun 2005, lahirlah ebook yang kami tulis dalam daftar di bawah ini.

Ebook Utama (Karya tulis Agus Sale, S.Pd) :

  1. Ebook Panduan Teknisi Komputer
  2. Ebook Teknis Laptop
  3. Ebook Membedah Motherboard Laptop
  4. Ebook PC Motherboard Repair
  5. Ebook Jaringan Komputer
  6. Ebook LVD TV Repair
  7. Ebook Panduan Teknisi Ponsel
  8. Ebook Troubleshooting Dan Solusi Kerusakan Hardware Laptop
  9. Ebook Hard Drive Repair
  10. Ebook Repair Monitor LCD
  11. Ebook Repair Power Supply PC
  12. Ebook Mastering Bios
  13. Tutorial Power Point
  14. Ebook Ebook Repair Printer
  15. Ebook Ebook Panduan Teknisi Elektronika
Bonus (Bukan karya tulis saya tetapi penulisnya share gratis):
  1. Ebook Belajar Mikrotik
  2. Ebook Belajar Window 7
  3. Ebook Belajar Photoshop
  4. Ebook Belajar Corel
  5. Ebook Belajar Macromedia Dreamweaver
  6. Ebook Visual Belajar Basic
  7. Ebook Belajar Delphi
  8. Ebook Belajar Macromedia Flash

Semua Ebook (15 Ebook) di atas jika Anda beli sekarang, cukup dengan harga Rp.197.000,- saja. Minat? KLIK DINISI.


Tags: ,

3 Komentar untuk artikel : Troubleshooting Laptop Tidak Ada Suara

  1. matius haluk

    gang, laptopku uda terinstal smua drivernya tetapi g bisa terhubung ke speaker atau output ke speaker g bisa sementara dilaptopnya ada suara… gmna solusinya….?

  2. mas laptop saya kalu pake headset bisa bersuara tapi kalau gak pake headset suaranya gak ada..kira2 masalahnya dimana….??? cara2 diatas sudah saya coba?? tpi gak berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • DISKON EBOOK