Ebook Teknisi Laptop Ebook Teknisi Laptop Ebook Teknisi Laptop Ebook Teknisi Laptop Ebook Teknisi Laptop Ebook Teknisi Laptop

Troubleshooting Kerusakan Motherboard Laptop dan Solusinya

Troubleshooting Kerusakan Motherboard Laptop biasanya merupakan kecurigaan terakhir ketika laptop menunjukkan gejala kerusakan. Kegagalan motherboard pada laptop yang kehabisan garansi biasanya berarti bahwa … saatnya laptop baru. Akan tetapi ada masalah lain di sini. Bagaimana jika budget tidak cukup tersedia? Harga motherboard baru biasanya lebih tinggi dari nilai laptop saat ini. Maka solusi lain adalah perbaiki dulu laptop sejauh masih bisa.

Troubleshooting Kerusakan Motherboard

Troubleshooting Kerusakan Motherboard dari Gejalanya

Colokkan adaptor daya dan coba jalankan laptop.

  • Tidak ada yang terjadi.
  • Lampu “ON” menyala, kipas berputar, tapi tidak ada yang ada di layar (hitam) dan Anda tidak dapat mendengar HD bekerja setelah 10-15 detik.
  • Lampu “ON” menyala, kipas berputar, tapi setelah beberapa detik lampu padam.
  • Setelah menekan tombol “ON”, layar tetap hitam dan Anda bisa mendengar suara bernada tinggi yang tenang dari laptop.

Penyelesaian Troubleshooting Kerusakan Motherboard:

  • Carilah penutup saklar “tutup-layar” (jika ada) dan coba dorong beberapa kali. Biasanya saklar kecil di dekat engsel yang ditekan saat penutup (layar) tertutup. Terkadang switch ini terjebak dalam posisi “tertutup” sehingga menghasilkan layar hitam (tanpa lampu latar) atau laptop tidak start. Juga beberapa laptop memiliki saklar magnetik (Dell yang lebih baru dan Apple), jadi tidak akan macet.
  • Lanjutkan Troubleshooting Kerusakan Motherboard dengan Uji adaptor daya yang lain. Meskipun tidak umum, adaptor bisa gagal dan tidak memasok voltase yang dibutuhkan meskipun memiliki lampu “power on” hijau yang menyala saat Anda menyambungkannya. Bahkan jika Anda mengukur voltase output dan tidak masalah, adaptor mungkin telah gagal. Dan tidak akan memasok tegangan di bawah beban (biasanya 3.5A sampai 6A). Anda dapat menggunakan adaptor universal atau pergi ke bengkel independen dan meminta mereka untuk memeriksanya (beberapa toko akan mencoba menagih Anda untuk “memperkirakan” untuk melakukan hal itu, jadi tanyakan sebelumnya).
  • Setel ulang RAM. Lepaskan hard drive dan CD / DVD jika mudah dilepas. Akhirnya cobalah untuk start laptop lagi dengan hanya adaptor daya yang terpasang dan dengan reset RAM dan semua komponen yang dapat dilepas dan baterai keluar.
  • Pada poin di atas belum ketemu masalahnya, berarti anda harus melanjutkan dengan memeriksa dan mengukur tegangan pada titik-titik tertentu motherboard.
Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *