Troubleshooting Batrei Laptop Dan Solusinya

Troubleshooting Batrei Laptop Troubleshooting Batrei Laptop kita lakukan dengan logika bahwa adapter laptop dalam keadaan baik. Kedua alat ini menyebabkan laptop tidak ada power jika salah satunya rusak. Dalam pengalaman saya batrei lebih sering rusak dibanding adapter. Berarti Troubleshooting Batrei Laptop akan lebih banyak kita lakukan dibanding Troubleshooting adapter Laptop. Itu pengalaman saya, tetapi mungkin lain dengan anda.

Troubleshooting Batrei Laptop Dan Solusinya

Ketika batrei laptop rusak, ada beberapa gejala yang sering muncul yang dapat anda amati diantaranya;

  1. Batterei Tidak Bisa Terisi Pada Laptop
  2. Pengisian Baterai Laptop Berhenti Sendiri Ketika Kabel Digerakkan
  3. Battery Laptop Tidak Terdeteksi Laptop (akan dibahas kemudian)

Troubleshooting Batrei Laptop kita awali dengan kasus Batterei Tidak Bisa Terisi Pada Laptop dan sangat menjengkelkan karena lampu indikator atau simbol charger pada desktop menunjukkan charger normal tetapi kenyatannya batterei laptop tidak terisi alias batterei tidak bisa charge. Dari pengalaman saya, penyebab tidak bisa charge atau charge tidak mengisi ada bebebagai macam.

Kondisi ini nampaknya sering terjadi pada hampir setiap merek laptop, tidak peduli laptop merek ternama atau laptop kelas dua, dan dapat saya simpulkan bahwa ini adalah penyakit umum pada laptop. Dibawah ini ada beberapa jalan yang bisa ditempuh untuk mengatasi masalah charge batterei laptop;

  1. Kemungkinan besar masalah Anda berhubungan dengan baterai. Ternyata baterai tidak bekerja dengan benar dan tidak memberi catu daya laptop ketika charger dicabut. Jika laptop Anda bekerja dengan baik ketika adapter terpasang tetapi berhenti bekerja ketika dicabut berarti baterai laptop Anda rusak atau laptop tidak mengisi baterai dengan benar.
  2. Troubleshooting Batrei Laptop selanjutnya adalah pastikan anda power adapter telah melakukan pengisian daya selama minimal dua jam sebelum mencoba untuk dicabut.
  3. Buka dan pasang kembali batterei, mungkin kedudukannya tidak tepat sehingga tidak bisa terisi
  4. Boot ke sistem BIOS, dan lihat apakah ada yang aneh berkaitan dengan baterai. JANGAN mengubah sesuatu kecuali anda tahu pengaturan awalnya. Jika ternyata BIOS normal, biarkan windows jalan beberapa puluh menit, dan lihat apakah persentase charge tidak berubah sama sekali.
  5. Jika presentase pengisian naik tapi kenyataanya langsung drop beberapa saat setelah power adapter dilepas, berarti batterei bocor.
  6. Gunakan utilitas baterai pihak ketiga untuk mendiagnosa keadaan baterai. Sebagai contoh, BatteryCare adalah utilitas perangkat lunak bebas yang mampu melakukan hal ini. Silahkan googling dan lakukan tes.
  7. Jika Anda masih mengalami masalah yang sama bahkan dengan menggunakan baterai baru, kemungkinan besar ada masalah dengan motherboard.

Pengisian Baterai Laptop Berhenti Sendiri Ketika Kabel Digerakkan

Troubleshooting Batrei Laptop berikutnya adalah Pengisian Baterai laptop berhenti ketika kabel daya pada adaptor DC  digerakkan. Laptop ini memiliki masalah daya. Ketika saya menggerakan kabel ke kiri atau kanan, lampu LED daya di bagian depan langsung off dan LED  pengisian baterai juga mati kemuaian. Dalam keadaan ini artinya baik baterai maupun power adapter masih baik tetapi masalah pada sambungan, entah socket atau jack.Kejadian ini berulang-ulang jika charge laptop dipasang awalnya berfungsi baik tapi begitu kabel goyang sedikit laptop langsung mati lagi. Saya mencurigai DC-IN power jack. Dalam hal ini tindakan pertama adalah mengukur tegangan keluaran charge jika normal walaupun kabel digoyang maka sudah pasti DC-In power jack. Tegangan diukur lalu kabel digoyang seperti gambar dibawah ini dan ternyata tidak ada masalah.

 

Berarti sekarang saatnya membuka laptop dan memeriksa DC-in jack. Jika anda sudah membeli ebook Qbonk Media Group yaitu Panduan Teknisi Laptop, maka membuka laptop bukan masalah lagi.

 

Gambar di atas menunjukkan power dc-in yang harus dibuka dan dicek dengan avometer. Lihat gambar berikut. Pada DC-in power jack ini ada 4 jalur dengan tegangan sama, dua postip dua negative. Lihat gambar di bawah;

 

Pengukuran pertama seperti di atas berhasil artinya tidak ada masalah pada jalur ini.

 

Pengukuran tegangan pada kabel sisi luar di atas ternyata tegangan nl artinya koneksi terputus. Di sini masalahnya. Jalan keluarnya ganti saja dengan yang baru. Moga-moga anda bisa mendapatkan yang seperti ini.

 

Masalah ini dapat diselesaikan dengan pergantian DC-IN power jack dengan yang baru.

Dalam beberapa laptop DC-in jack menggunakan kabel yang disolder ke mainboard dan jika itu terjadi maka tidak mudah mengganti yang rusak karena solderan kabel. In some laptops the

 

Hasilnya setelah selesai seperti gambar di atas, silahkan tes pekerjaan moga-moga berhasil. Selesai. Sebagai saran agar anda tidak mengalami ini, seharusnya ketika charge terpasang kabel tidak boleh terlalu banyak digoyang. Posisikan jack pada posisi yang aman dari gerakan atau sentukan yang sifatnya memaksa bergerak. Demikian Troubleshooting Batrei Laptop, semoga bermanfaat bagi anda.

Social tagging: > > >

Leave a Reply