Troubleshooting Backlight Lamp Pada Laptop Dan Solusinya

>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer

Troubleshooting Backlight Lamp Troubleshooting Backlight Lamp umumnya jika berhubungan dengan masalah display laptop. Mungkin layar laptop gelap, atau laptop tidak ada tampilan sama sekali. Lampu backlight CCFL biasanya berumur selama 50.000 jam tapi itu hanya harapan hidup rata-rata. Backlight lamp bisa umurnya lebih singkat atau lebih panjang. Kontrol kecerahan mempengaruhi usia kehidupan backlight.

Troubleshooting Backlight Lamp dan Cara Memastikan Kerusakan

Troubleshooting Backlight Lamp dilakukan sehubungan dengan gejala yang dapat anda amati ketika backlight lamp laptop yang rusak;

  1. Backlight Lamp laptop nyala tetapi hanya untuk waktu singkat atau tidak akan menyala sama sekali. Gambar di layar begitu redup dan hampir tidak dapat melihat apa-apa pada layar. Pada saat yang sama, monitor eksternal bekerja dengan baik.
  2. Ketika Anda menghidupkan laptop, layar bekerja dengan baik untuk sementara waktu, kemudian mulai berkedip-kedip lalu lampu mati. Sekali lagi, ada gambar yang sangat samar pada layar laptop dan output video eksternal bekerja dengan baik.
  3. Layar bekerja tapi gambar memiliki noda kemerahan/merah muda. Video output eksternal bekerja dengan baik.

Troubleshooting Backlight Lamp pada gejala diatas sangat mirip dengan gejala kegagalan papan inverter. Jika Anda harus menebak mana yang menyebabkan masalah, cobalah mengganti papan inverter sebagai pilihan pertama. Mari kita lanjutkan Troubleshooting Backlight Lamp dalam cara servis laptop ini.

Walaupun susah membedakan kerusakan LCD, Inverter, LCD cable ataupun Backlight Lamp dibawah ini saya berikan cara Troubleshooting Backlight Lamp sehingga lebih mudah bagi anda untuk mengambil kesimpulan mana yang rusak.

Laptop ini datang untuk perbaikan karena kegagalan backlight Lamp LCD. Pemiliknya mengeluh layar LCD laptop berwarna hitam tetapi laptop bekerja baik dengan monitor eksternal. Berikut adalah langkah-langkah saya untuk mengatasi masalah ini;

  1. Pertama-tama, saya uji laptop ini dengan monitor eksternal terhubung ke port VGA dan monitor eksternal bekerja dengan baik. Saya bisa melihat gambar yang jelas pada layar eksternal meskipun layar internal tidak menyala. Jika layar eksternal bekerja dengan baik, maka kemungkinan besar masalah layar dll.
  2. Setelah itu saya amati lebih dekat pada LCD laptop ternyata layar tidak benar-benar gelap. Layar laptop masih bekerja tapi gambar sangat sangat gelap, hampir tidak dapat melihatnya. Ini berarti bahwa layar masih mendapatkan sinyal data dari kartu video, tapi untuk beberapa alasan lampu backlight tidak bekerja. Dari pengalaman ini, saya tahu bahwa masalah ini dapat berhubungan dengan saklar tutup layar, papan inverter rusak atau lampu backlight yang rusak. Saya memeriksa mereka satu per satu.

Jika Anda memiliki masalah yang sama, pastikan tombol saklar dekat tutup bergerak bebas. Saklar tutup ini adalah tombol kecil yang terletak dekat dengan layar LCD. Tombol ini memicu mode hibernasi atau sleep ketika layar ditutup. Jika saklar tutup ini kotor sehingga macet, maka ia akan terus memutuskan aliran listrik dari papan inverter. Papan inverter bekerja sebagai catu daya untuk lampu backlight dan jika tidak ada daya yang datang ke papan inverter, lampu backlight tidak akan menyala baik.

Dalam kasus saya tombol tutup bekerja dengan benar, tidak terjebak. Ketika saya menekan tombol sangat cepat, ada cahaya menerangi layar tetapi hanya untuk sepersekian detik. Gambar tidak cerah dan memiliki noda merah muda. Noda merah muda biasanya menunjukkan masalah dengan lampu backlight, bukan papan inverter.

Meskipun saya menduga kegagalan backlight, saya memutuskan untuk menguji papan inverter baru. Ternyata itu tidak membantu. Layar tidak menyala bahkan setelah saya mengganti papan inverter. Jadi semakin mendekati benar, masalah ini tidak terkait dengan papan inverter.

Akhirnya, Saya memutus konektor layar backlight lamp dari papan inverter. Untuk tujuan pengujian, Anda dapat membeli lampu backlight baru sebagai persediaan. Cobalah untuk menemukan backlight dengan konektor yang sudah melekat padanya, sehingga Anda dapat menghubungkan ke papan inverter dengan mudah. Pastikan konektor pada backlight lamp ini mirip dengan konektor pada layar LCD lama.

Seperti anda lihat dalam tes di atas, segera setelah saya menyalakan laptop, backlight lamp bersinar terang artinya Troubleshooting Backlight Lamp yang saya lakukan berhasil. Ya, itulah masalahnya. Saya ganti perangkat lama dengan yang baru dan masalah selesai

 

Incoming search terms:


Untuk pembahasan lebih lengkap mengenai artikel di atas, silahkan KLIK DISINI
>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer


Tags: , , , ,

4 Responses to Troubleshooting Backlight Lamp Pada Laptop Dan Solusinya

  1. Hilmi

    Mas yg ingin saya tanyakan.. Kalo dibawa ke tempat service, bisa dikenakan biaya berapa ya? Laptop saya juga mengalami kerusakan yg sama. Thanks.

  2. putu

    salam kenal…
    dimna lokasinya ???

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × 2 =

Maaf, mungkin komentar anda di sin telat kami balas, kami anjurkan sebaiknya gabung grup FB kami dibawah ini;
ebook-servis-komputer

cara servis komputer