Tips Merawat Data Dalam Laptop Komputer Anda


>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<<
ebook-servis-komputer

Tips Merawat DataTips Merawat Data Dalam Laptop Komputer Anda adalah bagian awal yang harus dilakukan sebelum data dalam laptop anda rusak. Bagaimanapun juga, kelalaian merawat data laptop sudah sering menjadi malapetaka pada banyak pengguna laptop. Kalau sudah begini satu-satunya harapan adalah recovery data dan itupun tidak ada jaminan bahwa akan kembali smuanya

Tips Merawat Data Dalam Laptop Anda

 Tips Merawat Data

1)      Tips Merawat Data yang pertama, kenali sistem Operasi Anda

Langkah pencegahan pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengenal dan menginventarisasi sistem operasi komputer Anda. Informasi ini akan menjadi penting jika Anda kemudian harus menghubungi dukungan teknis atau sistem Anda dilayani. Belajar komputer memang bisa mudah bisa agak rumit, tapi itulah yang harus dikerjakan agar komputer tetap sehat dan mudah dirawat.

Mulailah dengan mencatat nomor serial number Anda dan model number. Dengan informasi ini, produsen sistem operasi Anda dapat menentukan komponen dari sistem operasi yang Anda gunakan. Jika Anda telah menambahkan komponen ke sistem Anda, perhatikan model dan versi nomor dari komponen tersebut. Anda akan menemukan informasi ini di dokumentasi yang menyertai perangkat hardware.

2)      Tips Merawat Data yang kedua, Tune UP Hard Disk

Karena Hard Disk adalah tempat di mana Anda secara permanen menyimpan aplikasi Anda maka perangkat keras ini harus dirawat. Hal lain yang lebih penting karena file data yang Anda buat dengan aplikasi terdapat didalamnya, maka hard disk membutuhkan perhatian khusus untuk tetap beroperasi pada efisiensi puncak. Scan disk untuk mencegah kehilangan file dan bad sector perlu Anda perhatikan, termasuk menjalankan utilitas defragmentasi disk agar dapat meningkatkan performa sistem Anda.

Setiap hari Anda membuat file baru, menghapus yang tidak diinginkan, dan menyimpan versi update dari file ke hard disk komputer Anda. Karena Windows menetapkan ruang disk untuk file, hard disk dapat menjadi terpecah-pecah dari waktu ke waktu (misalnya, file Anda mendapatkan potongan ditempatkan di seluruh hard disk, karena tidak ada ruang yang berdekatan cukup besar untuk menampung mereka) . Sebuah hard disk terfragmentasi memperlambat akses disk dan membuat lebih sulit untuk pulih dari error disk. Perawatan hard disk komputer adalah suatu tuntutan bagi anda.

3)      Tips Merawat Data yang ketiga, Backup file

Backup file Anda berarti membuat salinannya pada media penyimpanan yang lain, sehingga jika yang asli hilang atau rusak, Anda dapat menggunakan salinannya. Anda dapat membuat cadangan hard disk eksternal, disk Zip, CD-R atau DVD-R drive, atau media lain seperti USB Flash Drives.

Seberapa sering Anda membuat cadangan tergantung pada seberapa berharga waktu Anda. Jika Anda bekerja pada file penting, simpan di tempat lain serta hard disk Anda. Jika Anda menjalankan bisnis rumahan, Anda harus berinvestasi dalam sistem backup yang handal dan melakukannya setiap hari.

4)      Tips Merawat Data yang keempat, Install dan Update antivirus.

Ancaman yang ditimbulkan oleh virus komputer – program software kecil yang dapat merusak program-program dan data anda semakin hari semakin menakutkan. Sebagaimanan antivirus yang setiap hari diperbaharui, ternyata pembuat viruspun setiap hari bekerja keras memperbaharui virus. Perseteruan anta kedua pihak ini semakin hari semakin sengit dan semakin canggih. Sayangnya yang jadi korban bukan mereka, tetapi Anda yang tidak tahu sama sekali tentang virus komputer. Jadi berjaga-jagalah senantiasa karena virus dapat menyerang kapan saja. Hehehe koq jadinya kayak iklan TV ya?

Namun demikian software perlindungan dari Virus banyak tersedia dipasaran, dan Anda tinggal pilih mau yang gratis atau yang berbayar. Antivirus dapat melakukan scan disk Anda dan memeriksa setiap program virus yang tersembunyi atau bahkan yang sudah terang-terangan.Bahkan antivirus dapat melakukan scan semua file pada hard disk Anda untuk mendeteksi virus. Khusus untuk virus yang dikirim melalui email saat ini, pengguna harus mengkonfigurasi utilitas untuk menjalankan antivirus ketika memulai komputer mereka.

5)      Siapkan Boot Disk.

Jika komputer Anda suatu saat mengalami sebuah masalah yang membuat komputer tidak dapat booting dari hard disk, Anda memerlukan cara lain untuk boot sistem anda. Jawabannya adalah sebuah disket boot darurat. Mengenai cara membuat saya tidak akan bahas lagi disini karena sudah terlalu banyak dibahas diinternet mengenai bootable disk maupun bootable flashdisk. Fokus kita disini adalah perbaikan komputer dan tips menjaga dan merawat sistem operasi.

Jika semua point di atas sudah anda lakukan, saya yakin data dan laptop anda akan aman dan jangan lupa membaca halaman ebook laptop yang kami siapkan di blog ini.

Ebook berikut ini akan sangat membantu Anda:
  • 1. Ebook Panduan Teknisi Komputer
  • 2. Ebook Teknis Laptop
  • 3. Ebook Memperbaiki Motherboard Laptop
  • 4. Ebook Pc Motherboard Repair
  • 5. Ebook Jaringan Komputer
  • 6. Ebook LED-LCD TV Repair
  • 7. Ebook Panduan Teknisi Ponsel
  • 8. Ebook Panduan Windows 10
  • 9. Ebook Hard Drive Repair
  • 10. Ebook Repair Monitor LCD
  • 11. Ebook Repair Power Supply PC
  • 12. Ebook Panduan Teknisi Elektronika

Keterangan selengkapnya, silahkan KLIK DINISI

Tags: , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *