Prosesor laptop atau Central Processing Unit


>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<<
ebook-servis-komputer

Prosesor laptopProsesor laptop juga dikenal sebagai CPU (Central Processing Unit) adalah otak dari sebuah komputer laptop. Prosesor adalah salah satu komponen utama dalam laptop. Prosesor laptop saat ini dibuat terutama oleh Intel dan AMD. Prosesor terhubung langsung ke board sistem melalui soket prosesor atau soket CPU seperti ditampilkan pada gambar di bawah ini. Ini adalah perangkat notebook yang telah saya jelaskan pada ebook laptop.

Central processing unit (CPU) atau Prosesor laptop saat ini telah maju dan mempunyai fitur hemat daya dan menghasilkan panas lebih sedikit dibandingkan prosesor desktop, tetapi tidak sama kuatannya. Ada berbagai CPU yang dirancang untuk laptop yang tersedia dari Intel (Pentium M, Celeron M, Intel Core dan Core 2 Duo), AMD (Athlon, Turion 64, dan Sempron), VIA Technologies, Transmeta dan lain-lain. Beberapa laptop memiliki CPU yang dapat dilepas, walaupun dukungan oleh motherboard dibatasi hanya pada model tertentu. Dalam laptop lain CPU disolder pada motherboard dan tidak dapat diganti.

 Secara garis besar Prosesor laptop terdiri dari tiga bagian utama yaitu :

  • CU ( Control Unit ) Bagian ini bertugas mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem komputer. Unit ini mengatur lalulintas data dari  memory utama  untuk dieksekusi dan hasilnya dikirim kembali ke memory utama, untuk ditampilkan pada layar monitor atau output device yang lain.
  • ALU ( Arithmatic and  Logical Unit ). Bagian ini bertugas untuk melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika). Tugasnya yang lain adalah mengambil keputusan  dari suatu operasi logika sesuai perintah program. Jika kita sedang menjalankan suatu program aplikasi dan ada yang kurang beres, maka bagian inilah yang mengambil keputusan bahwa telah terjadi  suatu kesalahan. Informasi ini diteruskan ke memory utama supaya dibuat pengumuman “EROR pada layar monitor.
  • Register. Adalah media penyimpanan yang kecil tetapi kecepatan akses yang sangat tinggi. Disinilah data dieksekusi/diproses sedangkan data-data yang lain masih antri menunggu di memory utama.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja Prosesor laptop. Memahami faktor-faktor ini akan membantu Anda membuat pilihan yang tepat saat merancang komputer homebuilt Anda.

Prosesor laptop

Faktor yang paling penting yang mempengaruhi kinerja prosesor adalah:

  1. Instruction Set. Ini adalah kode Prosesor laptop built-in yang memberitahu itu bagaimana melaksanakan tugasnya. Anda benar-benar tidak memiliki kontrol atas instruksi ini. Tapi bersama-sama dengan arsitektur prosesor, hal itu tidak mempengaruhi kinerja di garis tertentu CPU, dan hal itu disebutkan di sini hanya demi akurasi.
  2. Clock Speed. Kecepatan clock yang dinyatakan dalam megahertz (MHz) atau gigahertz (GHz), dan merupakan ukuran berapa banyak instruksi prosesor dapat melaksanakan dalam satu detik. Ini adalah nomor pertama yang Anda akan lihat dalam iklan untuk CPU. Tapi jangan memilih berdasarkan CPU clock speed saja. Ini hanya salah satu faktor (meskipun penting) yang menentukan seberapa baik CPU akan tampil di situasi dunia nyata.
  3. Bandwidth. Diukur dalam bit, bandwidth menentukan berapa banyak informasi prosesor dapat memproses dalam satu instruksi. Jika Anda bandingkan dengan aliran mobil pada arus lalu lintas di jalan raya, maka kecepatan mobil adalah clock, dan bandwidth adalah lebar jalan raya.

Kebanyakan sistem komputer desktop yang ada saat ini berjalan pada prosesor 32-bit, tapi hampir semua PC baru yang akan datang dilengkapi dengan chip 64-bit lengkap dengan sistem operasi. Masuk akal untuk merancang komputer baru Anda seputar multicore, CPU 64-bit, seperti Athlon 64 X2 atau Intel Core2 Quad.

  1. Kecepatan Front Side Bus (FSB). Front Side Bus, disingkat dengan FSB adalah kecepatan bus atau kecepatan jalur yang menghubungkan antara prosesor dengan motherboard, atau lebih tepatnya antara prosesor dengan chip north bridge pada motherboard. North bridge adalah chip perantara antara Motherboard dengan processor. Sebagai contoh, processor Pentium 4 yang mengisyaratkan FSB sebesar 400 MHz artinya kecepatan komunikasi antara Motherboard dengan Processor melalui north bridge adalah 400 MHz perdetik.
Ebook berikut ini akan sangat membantu Anda:
  • 1. Ebook Panduan Teknisi Komputer
  • 2. Ebook Teknis Laptop
  • 3. Ebook Memperbaiki Motherboard Laptop
  • 4. Ebook Pc Motherboard Repair
  • 5. Ebook Jaringan Komputer
  • 6. Ebook LED-LCD TV Repair
  • 7. Ebook Panduan Teknisi Ponsel
  • 8. Ebook Panduan Windows 10
  • 9. Ebook Hard Drive Repair
  • 10. Ebook Repair Monitor LCD
  • 11. Ebook Repair Power Supply PC
  • 12. Ebook Panduan Teknisi Elektronika

Keterangan selengkapnya, silahkan KLIK DINISI

Tags: , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *