Power Adapter Laptop, Penjelasan dan Fungsinya


>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<<
ebook-servis-komputer

Power Adapter LaptopPower Adapter Laptop atau Power supply pada Laptop adalah sebuah perangkat yang bertujuan untuk menurunkan tegangan tinggi dari sumber listrik menjadi tegangan rendah. Selain itu Power Adapter Laptop juga bertugas untuk mengubah listrik AC menjadi DC agar dapat digunakan oleh laptop. Walaupun laptop dapat digunakan dengan power suply langsung tanpa baterei, namun sebenarnya fungsi utama power suply adalah untuk charge baterei laptop.

Power Adapter Laptop

Power Adapter Laptop, Penjelasan dan Fungsinya

Power AC/DC Adapter laptop merupakan Perangkat Notebook yang biasanya didukung oleh baterai isi ulang internal yang dibebankan menggunakan catu daya eksternal, dengan output tegangan DC biasanya di kisaran 7,2-14,8 volt. Power Adapter Laptop biasanya eksternal, dan terhubung ke laptop melalui kabel konektor AC. Power supply dapat mengisi baterai dan sebagai sumber daya laptop secara bersamaan, ketika baterai terisi penuh, laptop terus berjalan pada daya yang disediakan oleh power supply eksternal. Berat Power Adapter Laptop sekitar 400 gram dan ditambahkan ke keseluruhan berat notebook. Ketika Anda membeli adaptor baru, Anda harus mengikuti aturan ini: Tegangan keluaran harus sama, amper bisa sama atau lebih tinggi dari pada adaptor asli. Jika Anda mencari adaptor baru, Anda harus memeriksa hal berikut:

  1. Adaptor baru Anda harus memiliki konektor yang sama persis (socket ujung adaptor) seperti yang asli.
  2. Adaptor baru Anda harus mempunyai keluaran tegangan yang sama persis dengan yang asli.
  3. Polaritas pada plug adaptor baru harus sama seperti pada aslinya. Anda dapat menemukan tegangan output dan arus listrik pada label adaptor.

Tips Memelihara Adapter Laptop

Ketika power adapter laptop tersambung ke laptop dan laptop dihidupkan, Anda akan melihat adaptor mungkin hangat saat disentuh. Semakin lama laptop digunakan, hangat adaptor dapat menjadi semakin tinggi. Sebuah adaptor daya yang relatif hangat adalah normal, terutama ketika laptop sedang digunakan dan baterai sedang diisi.

Namun, jika adaptor terlalu panas, ini adalah masalah potensial kerusakan. Adapter yang terlalu panas adalah tanda peringatan bahwa ada sesuatu yang bisa salah dengan adaptor atau laptop.

Jika Anda perhatikan Power Adapter Laptop sangat panas, matikan laptop Anda dan cabut kabel adaptor listrik dari stopkontak. Biarkan sampai dingin, kemudian pasang kembali ke stop kontak dan nyalakan laptop. Amati suhu adaptor untuk beberapa saat dan jika menjadi sangat panas lagi, disarankan agar Anda memeriksakan ke teknisi adaptor laptop.

Ebook berikut ini akan sangat membantu Anda:
  • 1. Ebook Panduan Teknisi Komputer
  • 2. Ebook Teknis Laptop
  • 3. Ebook Memperbaiki Motherboard Laptop
  • 4. Ebook Pc Motherboard Repair
  • 5. Ebook Jaringan Komputer
  • 6. Ebook LED-LCD TV Repair
  • 7. Ebook Panduan Teknisi Ponsel
  • 8. Ebook Panduan Windows 10
  • 9. Ebook Hard Drive Repair
  • 10. Ebook Repair Monitor LCD
  • 11. Ebook Repair Power Supply PC
  • 12. Ebook Panduan Teknisi Elektronika

Keterangan selengkapnya, silahkan KLIK DINISI

Tags: , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *