Perbandingan SSD Dengan HDD, Mana Yang Terbaik Untuk Anda

>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer

Perbandingan SSD Dengan HDD ini baik untuk dicermati sebelum kita memutuskan upgrade ke SSD sekedar ikut trand atau masalah gengsi saja. Pada artikel yang agak panjang ini saya akan membandingkan SSD dengan HDD. Dengan kata lain saya akan berikan beberapa data solid state drive dan hard disk drive sebelum anda membuat keputusan pilih yang mana. Di jaman dulu, tidak ada pilihan untuk PC atau laptop anda, hanya ada satu yang tersedia yaitu hard disk drive saja.

Akan tetapi sebelum kita membahas jauh mengenai Perbandingan SSD Dengan HDD saya terlebih dahulu akan menjelaskan sedikit pengertian kedua perangkat laptop ini. Hard disk drive ( HDD )dalam Bahasa tradisional dikenal juga sebagai spinning hard drive adalah penyimpanan nonvolatile dasar pada komputer. Artinya, datanya tidak hilang ketika kita system turn off. Ini berbeda dengan RAM yang hanya sebagai penyimpanan sementara. Hard disk drive piring dasarnya metal dengan lapisan magnetik. Lapisan ini menyimpan data Anda, yang bisa dalam bentuk data apa saja. Sampai disini kita belum punya Perbandingan SSD Dengan HDD.

Sebuah solid state drive atau disingkat SSD mempunyai fungsi yang sama persis dengan HDD, tapi tempat penyimpanannya bukan di atas lapisan magnetik tetapi data disimpan pada chip memori flash yang saling berhubungan yang mempertahankan data bahkan ketika system off. Chip ini dapat diinstal secara permanen pada motherboard sistem ( seperti pada beberapa laptop kecil dan ultrabooks ), pada kartu PCI / PCIe ( di beberapa workstation high-end ), atau dalam kotak yang berukuran kecil dengan kabel dihubungkan ke slot pada laptop. Dititik ini sudah mulai Nampak Perbandingan SSD Dengan HDD. Chip memori flash ini berbeda dari memori flash USB drive dalam jenis dan kecepatan memori. Memori flash di SSD lebih cepat dan lebih dapat diandalkan daripada memori flash dalam USB drive. Akibatnya SSD lebih mahal daripada USB drive untuk kapasitas yang sama.

Perbandingan SSD Dengan HDD, Mana Yang Terbaik Untuk Anda

Sekarang saatnya kita membahas Perbandingan SSD Dengan HDD dalam beberapa hal. Dibawah ini saya berikan table perbandingannya secara umum dan akan dilanjutkan dengan uraian singkat.

Kecepatan Disk

Perbandingan SSD Dengan HDD yang pertama adalah bahwa Disk HDD menggunakan piring magnetik berputar drive untuk operasi membaca dan menulis data. Jadi kecepatan start-up lebih lambat daripada SSD karena spin-up untuk disk diperlukan. Intel mengklaim SSD mereka delapan kali lebih cepat daripada HDD, sehingga menawarkan lebih cepat boot sistem.

Transfer data dan kinerja Disk

Dalam sebuah HDD, transfer data berurutan. Fisik Head yang bertugas membaca/menulis data akan “berusaha” menemukan titik yang tepat dalam hard drive untuk menjalankan operasi. Mencari titik ini memakan waktu yang signifikan. Transfer rate juga dapat dipengaruhi oleh sistem file fragmentasi dan tata letak file. Akhirnya, sifat mekanik dari hard disk juga mengalami keterbatasan kinerja tertentu. SSD tidak mengalami hal ini. Dalam sebuah SSD, transfer data tidak berurutan; akses acak ini lebih cepat. Itulah Perbandingan SSD Dengan HDD yang kedua.

Keandalan Disk

Perbandingan SSD Dengan HDD selanjutnya adalah bahwa tidak seperti HDD drive, disk SSD tidak memiliki bagian yang bergerak. Jadi keandalan SSD lebih tinggi. Perpindahan bagian dalam HDD meningkatkan risiko kegagalan mekanik. Gerak cepat dari piring-piring dan head di dalam hard disk drive membuatnya rentan terhadap “head crash”. Ini juga dapat disebabkan oleh kegagalan elektronik, listrik tiba-tiba mati, shock fisik, keausan, korosi, dll. Faktor lain yang mempengaruhi keandalan adalah adanya magnet. HDD menggunakan penyimpanan magnetik sehingga rentan terhadap kerusakan atau ketika data korupsi karena berdekatan dengan magnet yang kuat. SSD tidak berisiko untuk distorsi magnet tersebut.


Harga

Satu-satunya Perbandingan SSD Dengan HDD yang mungkin akan melemahkan posisi SSD adalah persoalan harga. Tetapi jika kantong anda cukup tebal, harga bukan masalah. Untuk ukuran yang sama space, di tahun 2014 SSD masih mempunyai harga hamper duakali HDD.

Defragmentasi

Karena sifat fisik HDD dan piring magnetiknya yang menyimpan data, operasi IO (membaca dari atau menulis ke disk) bekerja jauh lebih cepat ketika data disimpan pada disk disbanding dicopy ke media luar. Ketika data file disimpan pada bagian yang berbeda dari disk, kecepatan IO berkurang karena disk perlu berputar mencari daerah data. Seringkali tidak ada cukup ruang tersedia untuk menyimpan semua data dalam file. Hal ini menyebabkan fragmentasi dari HDD. Defragmentasi periodik diperlukan untuk menjaga kinerja perangkat. Dengan disk SSD, tidak ada pembatasan fisik seperti untuk membaca / menulis. Jadi lokasi fisik dari data pada disk tidak masalah dan tidak mempengaruhi kinerja. Oleh karena itu, defragmentasi tidak diperlukan untuk SSD. Itulah Perbandingan SSD Dengan HDD yang baik anda perhatikan.

Noise

Perbandingan SSD Dengan HDD yang terahir adalah bahwa Disk HDD mengeluarkan nois karena piringan magnetic yang berputar. HDD drive dalam faktor bentuk yang lebih kecil (misalnya 2,5 inci) masih lebih tenang. Drive SSD adalah sirkuit terpadu maka tidak ada bagian yang bergerak dan karena itu tidak membuat kebisingan saat beroperasi.

Saya piker Perbandingan SSD Dengan HDD sudah cukup, silahkan menentukan pilihan


Untuk pembahasan lebih lengkap mengenai artikel di atas, silahkan KLIK DISINI
>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer


Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two + two =

Maaf, mungkin komentar anda di sin telat kami balas, kami anjurkan sebaiknya gabung grup FB kami dibawah ini;
ebook-servis-komputer

cara servis komputer