Mempercepat Kinerja Laptop, Tutorial Sederhana


>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<<
ebook-servis-komputer

Mempercepat Kinerja LaptopMempercepat kinerja laptop secara di jaman canggih ini sebenarnya sudah tidak terlalu relevan lagi. Mengapa? Karena ketersediaan perangkat keras laptop yang sangat modern memungkinkan laptop mampu digunakan untuk mengerjakan pekerjaan berat sekalipun, termasuk mengerjakan desain grafis ataupun edit video dengan menggunakan laptop. Namun demikian semuanya kembali kepada tebalnya kantong anda untuk membeli apa yang saya sebutkan di atas.

Cara Mempercepat Kinerja Laptop

Dua hal penting dalam hal ini yaitu; mempercepat kinerja laptop artinya kita meminta laptop bekerja di atas standard yang dimilikinya. Hal lain yang sering dibicarakan adalah mengapa laptop sangat lambat. Kali ini kita akan membahas cara mempercepat kinerja laptop dengan langkah-langkah yang mudah dan sederhana;

  1. Menggunakan hanya satu antivirus. Ini sebenarnya bukan mempercepat kinerja laptop, tetapi lebih tepatnya mempertahankan kinerja laptop. Setiap antivirus akan bekerja otomatis di belakang layar memeriksa janga-jangan ada virus yang bekerja dalam komputer. Jika menggunakan lebih dari satu antivirus maka sangat besar kemungkinan akan memberatkan kinerja laptop dan bahkan antivirus bisa saling berkelahi. Hasilnya laptop sangat lambat. Gunakan hanya satu saja antivirus, bahkan di laptop saya tidak ada antivirus selain bawaan windows 8.
  2. Minimalkan aplikasi. Salah satu yang bisa memperlambat kinerja laptop adalah banyaknya aplikasi yang anda install. Semakin banyak terinstall maka semakin lambat laptopnya apalagi jika aplikasinya berjalan otomat di balik layar. Untuk mempercepat kinerja laptop anda, silahkan install program yang paling sering anda gunakan.
  3. Defrag hard disk secara rutin. Untuk mempercepat kinerja laptop, salah satu yang harus anda rawat adalah hard disk. Semakin sering laptop digunakan maka semakin banyak  file-file yang berserakan di dalam hard disk ibarat sebuah perpustakaan yang akhirnya akan kelihatan berantakan. Ketika suatu aplikasi akan dijalankan, sistem akan mencari file-file yang berserakan itu untuk kemudian disatukan guna menjalankan aplikasi yang dimaksud. Proses mencari ini bisa lama di antara file-file yang berantakan tadi. Lakukan defrag hard disk secara rutin misalnya sebulan sekali.
  4. Membersihkan registry Windows. Jika sering melakukan install un-install aplikasi laptop paling umum menjadi penyebab terjadinya masalah registry. Corrupt data pada registry dapat menyebabkan fatal error pada laptop, dampak lanjutannya jadi mudah di tebak, kinerja laptop jadi lambat. Untuk mempercepat kinerja laptop jika masalah ini terjadi, silahkan bersihkan registry windows dalam laptop anda. Ada banyak aplikasi yang sangat baik dan gratis untuk ini misalnya; Tune Up Utilities, CCleaner, RegCleaner, dan lain-lain.
  5. Minimalkan Start Up. Ketika laptop start up maka ada beberapa program yang berjalan otomatis tanpa anda sadari. Banyaknya program satart up berjalan otomat ini dapat memperlambat kinerja laptop disaat awal. Oleh karena itu untuk mempercepat kinerja laptop anda silahkan minimalkan atau kosongkan saja proses ini. Bersihkan startUp anda dari program-program yang kurang penting, atau bila perlu kosongkan sama sekali. Karena startup yang penuh diisi program akan memberatkan sistem untuk menjalakannya. Jalankan program ini dengan mengatur msconfig.exe
  6. Minimalkan visual grafis. Visual grafis memberikan tampilan yang cantik tetapi bisa jadi penyebab laptop sangat lambat. Tetapi tergantung anda juga mana yang lebih penting kinerja laptop cepat atau visual yang cantik. Jika anda memilih pilihan pertama untuk mempercepat kinerja laptop, lakukan hal ini; Caranya : klik kanan pada My Computer > klik Properties > pilih tab Advanced > klik Setting pada kolom Performance > pada tab Visual Effect hilangkan centang yang tidak perlu. Atau lebih gampangnya pilih saja “Adjust for best performance”
  7. Maksimalkan Processor saat booting. Jika laptop anda memiliki processor dengan core lebih dari satu, sebaiknya maksimalkan semua core yang ada pada saat melakukan proses booting, hal ini akan mempercepat proses tersebut, plus mempercepat kinerja laptop. Caranya : Klik start / ikon windows > ketik “msconfig” tanpa tanda petik > tekan “Enter“. Akan terbuka jendela “System configuration”. Pilih tab “Boot” > pilih Windows 7 > klik “Advanced options” akan terbuka jendela “BOOT Advanced Options”, lalu beri tanda centang pada “Number of processor” > lalu pilih jumlah processor, misalnya “2” > lalu klik “OK”.
  8. Scan dengan antivirus. Salah satu penyebab kinerja laptop menurun adalah jika ada virus yang bersarang dalam system operasi. Untuk mengatasi masalah ini dan mempercepat kkinerja laptop anda, silahkan scan dengan antivirus terbaik secara rutin.

Demikian tips mempercepat kinerja laptop anda dan jangan lupa sempatkan diri untuk melihat-lihat ebook teknisi laptop keluaran dan kami.

Ebook berikut ini akan sangat membantu Anda:
  • 1. Ebook Panduan Teknisi Komputer
  • 2. Ebook Teknis Laptop
  • 3. Ebook Memperbaiki Motherboard Laptop
  • 4. Ebook Pc Motherboard Repair
  • 5. Ebook Jaringan Komputer
  • 6. Ebook LED-LCD TV Repair
  • 7. Ebook Panduan Teknisi Ponsel
  • 8. Ebook Panduan Windows 10
  • 9. Ebook Hard Drive Repair
  • 10. Ebook Repair Monitor LCD
  • 11. Ebook Repair Power Supply PC
  • 12. Ebook Panduan Teknisi Elektronika

Keterangan selengkapnya, silahkan KLIK DINISI

Tags: , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *