Memperbaiki Master Boot Record Windows 8 Pada Masalah Proses Boot

Memperbaiki Master Boot Record Memperbaiki Master Boot Record Windows 8 yang saya harapkan lebih sempurna dari versi sebelumnya ternyata masih juga muncul masalah yang sama. Masalah booting atau laptop tidak bisa start up karena sistem operasi yang mengalami kerusakan. Ini bisa karena banyak hal misalnya karena laptop dimatikan paksa, atau bisa juga karena file korup. Dalam beberapa kasus lain masalah ini terjadi setelah memasang sebuah device baru pada laptop.

Memperbaiki Master Boot Record Windows 8

Gambar di bawah ini adalah salah satu penampakan yang bisa diamati ketika terjadi kerusakan master boot record. Jika diamati kelihatan sepertinya bahwa Hard disk tidak terdetaksi, namun sebenarnya tidak selalu seperti itu.

Jika mengamati gambar di atas, jangan buru-buru mengatakan bahwa itu kerusakan hard disk. Mencoba memperbaiki master boot record adalah langkah awal yang patut anda pertimbangkan. Dengan sejarah panjang dual boot versi Windows selama bertahun-tahun, bisa menyebabkan kerusakan master boot record yang menjadi korup, sektor boot, atau Boot Configuration Data ( BCD ) bukan hal yang baru.

Pertama-tama, Anda akan perlu bootable disk atau pen drive. Berikut adalah panduan cepat untuk memperbaiki master boot record jika anda mengalami masalah yang sama pada windows 8. Meskipun bukan keharusan, saya rekomendasikan Anda melepas perangkat penyimpanan lainnya dari PC Anda dan meninggalkan hanya SSD / HDD yang terpasang.

 

Langkah pertama dalam memperbaiki master boot record ini adalah silahkan boot ke Windows 8 setup, pilih “Repair your computer” di bagian bawah jendela, kemudian ” Troubleshoot ” dan “Advanced options”. Di sini akan diberi pengingat yang baik dari fitur Windows 8. Jika Anda memiliki restore point, Anda dapat kembali ke copy dari OS tanpa kehilangan data Anda. Jika tidak punya store point? Silahkan lanjutkan.

Seandainya anda tidak memiliki restore point maka langkah memperbaiki komputer selanjutnya adalah mencoba Automatic Repair.

Jika itu bisa memperbaiki masalah boot record, Anda bisa membuat restore point untuk berjaga-jaga. Jika Windows tidak dapat memperbaiki masalah Anda, lanjutkan dengan memperbaiki master boot record .
Kembali ke pilihan Advanced options dan pilih Command Prompt. Cara termudah berikutnya untuk memperbaiki masalah adalah masukkan empat perintah berikut ke dalam prompt:

bootrec/fixmbr
bootrec/fixboot
bootrec/scanos
bootrec /rebuildbcd

Setelah menerima konfirmasi sukses. Tutup jendela CMD dan restart PC Anda. Jika Anda boot ke Windows, maka memperbaiki master boot record selesai. Jika tidak, mari kita coba satu hal terakhir.

Ikuti langkah-langkah sebelumnya sampai Anda telah masuk ke Command Prompt. Masukkan perintah “bcdedit”. Sebuah itu daftar item akan muncul pada Windows Boot Manager dan di bawah Windows Boot Loader. Carilah item berikut:

  • Pada Windows Boot Manager, item perangkat harus di set ke unknown.
  • Pada Windows Boot Loader, Device dan os perangkat item harus diset unknown.

Selanjutnya jalankan 3 perintah berikut:

bcdedit/set{default}devicepartition=c:
bcdedit/set{default}osdevicepartition=c:
bcdedit /set {bootmgr} device partition=c:

Cari ke folder X: SourcesRecovery dan kemudian masukkan “StartRep.exe” yang mengeksekusi utilitas perbaikan startup lain otomatis. Sampai disini usaha memperbaiki master boot record selesai, semoga berhasil

Social tagging: > >

Leave a Reply