Laptop Tidak Bisa Charge, 8 Diagnosa Awal


>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<<
ebook-servis-komputer

Laptop Tidak Bisa ChargeLaptop Tidak Bisa Charge, bisa terjadi pada laptop tua dan bahkan laptop baru sekalipun. Kerusakan laptop ini bisa disebabkan oleh dua hal; masalah kerusakan hardware laptop atau bisa juga penyebabnya karena masalah software. membedakan letak penyebabnya adalah tidak mudah apalagi bagi pemula dalam belajar cara servis laptop. Pada artikel terdahulu juga pernah saya singgung mengenai cara tes batrei laptop.

Laptop Tidak Bisa Charge, 8 Diagnosa Awal

Apa yang jadi penyebabnya atau bagaimana menlusuri masalah penyebab Laptop Tidak Bisa Charge? Berikut ada beberapa panduan diagnosa awal yang bisa anda jadikan pegangan. Semoga dapat membantu. Jangan lupa juga miliki ebook servis laptop yang kami tulis di web lain.

  1. Apakah Kabel Terpasang dengan benar? Kedengarannya konyol , tetapi Laptop Tidak Bisa Charge bisa disebabkan oleh alat ini. Anda perlu memastikan bahwa kabel listrik laptop ini benar-benar terpasang baik. Periksa adaptor AC dan verifikasi setiap kabel dilepas dan dipasang.
  2. Selanjutnya, pastikan bahwa baterai sudah duduk tepat di kompartemennya. Kabel terpasang baik, tegangan ada tetapi Laptop Tidak Bisa Charge bisa jadi karena batrei tidak tepat pada kedudukannya. Pastikan bahwa tidak ada yang salah dengan titik kontak baterai laptop.
  3. Lepaskan Baterai dan pasang lagi. Sebuah cara sederhana untuk memeriksa kerusakan laptop ini dan nampaknya Laptop Tidak Bisa Charge belum dapat diatasi. Cobalah untuk melepas batrei lalu kemudian memasangnya kembali dengan tepat.
  4. Periksa Konektor DC. Bila Anda pasang di konektor DC adapter laptop, koneksi harus cukup rapat agar tejadi koneksi . Jika itu tiba-tiba goyah atau longgar, atau jika soket tidak rapat, colokan listrik mungkin rusak dalam motherboard laptop. Apakah ada perubahan warna atau adakah bau terbakar ? Jika tampaknya ada kerusakan pada konektor daya, perbaikan akan berada di urutan berikutnya. Untuk lebih meyakinkan, ukur tegangan adapter keluaran jack DC pada adapter.
  5. Laptop OverHeating. Laptop Tidak Bisa Charge juga ditemukan pada laptop yang mengalami panas berlebihan. Pengirsian Baterai kadang-kadang terhenti disebabkan oleh laptop overheating. Masalah ini adalah dua kali lipat, dengan sistem mematikan otomatis untuk mencegah overheating baterai dan menyebabkan kebakaran. Dengan meningkatnya suhu, sensor baterai mungkin macet, menyebabkan masalah pengisian. Masalah-masalah ini menjadi jauh lebih mungkin ketika berhadapan dengan laptop yang lebih tua yang tidak memiliki kualitas teknologi pendingin yang tidak lagi baik, atau saat menggunakan laptop di sofa atau di tempat tidur, dengan selimut atau bantal yang menutupi ventilasi pendingin. Biarkan sistem dingin dan luangkan waktu untuk memastikan bahwa ventilasi udara bersih dan tidak terhalang.
  6. Periksa Pengaturan Laptop Anda. Untuk Windows Laptop : Dalam Control Panel , membuka Power Options . Buka pengaturan dan pastikan bahwa semua diatur dengan benar. Pastikan bahwa settings pada battery, display, and sleep options tepat aturannya. Misalnya, pengaturan baterai Anda dapat menyebabkan masalah jika Anda telah mengatur komputer untuk shutdown ketika tingkat baterai turun terlalu rendah dan mengatur tingkat baterai rendah pada persentase terlalu tinggi, jelaslah bahwa Laptop Tidak Bisa Charge. Cara termudah untuk memastikan bahwa pengaturan Anda tidak menyebabkan masalah adalah mengembalikan profil power ke pengaturan default.
  7. Update Driver Anda. Untuk Windows Laptop : Dalam Control Panel, buka Device Manager. Di bawah “Batteries” Anda akan melihat tiga item, satu untuk baterai, satu lagi untuk pengisi daya, dan yang ketiga adalah “Microsoft ACPI Compliant Control Method Battery “. Buka setiap item, yang akan memunculkan jendela Properties. Di bawah tab “Driver “, Anda akan melihat tombol berlabel “Update Driver “. Lakukan proses update driver. Setelah driver semua up to date, reboot laptop dan pasang kembali. Jika hal ini tidak menyelesaikan masalah, uninstall “Microsoft ACPI Compliant Control Method Battery ” dan reboot laptop.
  8. Masalah kerusakan motherboard laptop. Setelah semuanya selesai dan tidak ada hasil, kecurigaan terakhir adalah rangkainan charge batrei dalam motherboard mengalami kerusakan. Ini adalah bagian yang lebih sulit dari kasus Laptop Tidak Bisa Charge.

Harapan saya, satu dari 8 poin ini bisa membantu anda.

Ebook berikut ini akan sangat membantu Anda:
  • 1. Ebook Panduan Teknisi Komputer
  • 2. Ebook Teknis Laptop
  • 3. Ebook Memperbaiki Motherboard Laptop
  • 4. Ebook Pc Motherboard Repair
  • 5. Ebook Jaringan Komputer
  • 6. Ebook LED-LCD TV Repair
  • 7. Ebook Panduan Teknisi Ponsel
  • 8. Ebook Panduan Windows 10
  • 9. Ebook Hard Drive Repair
  • 10. Ebook Repair Monitor LCD
  • 11. Ebook Repair Power Supply PC
  • 12. Ebook Panduan Teknisi Elektronika

Keterangan selengkapnya, silahkan KLIK DINISI

Tags: ,

One Response to Laptop Tidak Bisa Charge, 8 Diagnosa Awal

  1. makasih mas atas infonya 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *