Laptop Tersiram Air, Laptop Tidak Start dan Solusi


>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<<
ebook-servis-komputer

Laptop Tersiram AirLaptop tersiram air adalah malapetaka bagi laptop dan bisa dipastikan laptop rusak. Pada kesempatan ini saya mendapatkan pengalaman menangani laptop tersiram air kemudia laptop mati total merk HP G6000. Tanda lainnya laptop tidak ada power sistem standby, yang 3V dan 5V juga tidak ada. Laptop tidak mau start. Itu kesimpulan terakhir. Saya akan sharing pengalaman ini dalam materi kita yaitu cara servis laptop rusak.

Laptop Tersiram Air, Laptop Tidak Start dan Solusi

Sebenarnya walaupun laptop tersiram air, misalnya pada keyboard pada level keadaan tertentu laptop tidak akan rusak. Mengapa? Karena keyboard laptop didesain sedemikian rupa agar air tumpah tidak mudah tembus. Namun pada tumpahan air skala besar tetap saja laptop rusak.

Solusi yang saya coba:

Jika anda mengalami seperti pengalaman saya ini, pertama periksa Max8724 chip pengisian baterai pertama, karena untuk membuat sistem memiliki daya standby chip ini harus bekerja dengan benar. Ini adalah sebuah chip 28 pin, kita hanya perlu untuk menguji pin 1, 2, 4, 8, 10, 11. Pin ini adalah VIN (daya utama untuk chip), LDO (memberikan 3.3V untuk chip itu sendiri dalam rangka mengatur tegangan REF, juga memberikan sinyal untuk mendorong 2 MOSFET untuk mengisi baterai), REF (mengatur referensi tegangan chip), SHDN # (mengaktifkan / menonaktifkan chip, switch), Acin (menunjukkan power supply memiliki terpasang), ACOK # (power adaptor ok dengan mainboard).

Dalam kasus laptop tersiram air kami, semuanya ok kecuali pin 10, AC in adalah 0V. Ini tidak benar, mainboard tidak mendeteksi adanya adaptor! Hasil lacak mundur sangat sederhana pada mainboard menggunakan 2 resistor untuk menarik tegangan input (19V, langsung dari dc socket) ternyata turun menjadi sekitar 4V, jadi tes pada resistor yang pertama ditemukan. Ganti resistor dan power 3V/5V normal lagi dan mainboard dapat diaktifkan.

Kemudian masalah laptop tersiram air mulai ketika saya mencoba untuk mengisi baterai. Arus pengisian tidak pernah mencapai atau melampaui 0.15A dan setelah 10 detik lampu pengisian mulai berkedip. Pertama, saya ganti Max8724, masih masalah yang sama. Selanjutnya periksa semua resistor sekitar max8724 dan ganti jika telah ada tanda-tanda air, masih tidak baik. Kemudian ganti KB3926 (EC/KBC, chip memonitor status baterai), masih sama. Ini adalah kesalahan yang tidak pernah saya tangani sebelumnya.

Saya putuskan untuk memeriksa MBDATA dan MBCLCK, 2 sinyal yang mengirimkan informasi baterai dari baterai ke KB3926 sebelum aku menyerah. Saya menemukan MBDATA adalah korsleting! Akhirnya, saya menemukan ada 2 pin saling menempel pada CN10 (konektor switch multimedia board). Saya memperbaiki bagian ini dan mulailah pengisian baterai. Aktifkan dengan power adapter dan ternyata ok. Saya melepas power adapter baterai mainboard tetap berjalan, ok. Demikian kasus Laptop Tersiram Air semoga anda tidak mengalaminya.

Ebook berikut ini akan sangat membantu Anda:
  • 1. Ebook Panduan Teknisi Komputer
  • 2. Ebook Teknis Laptop
  • 3. Ebook Memperbaiki Motherboard Laptop
  • 4. Ebook Pc Motherboard Repair
  • 5. Ebook Jaringan Komputer
  • 6. Ebook LED-LCD TV Repair
  • 7. Ebook Panduan Teknisi Ponsel
  • 8. Ebook Panduan Windows 10
  • 9. Ebook Hard Drive Repair
  • 10. Ebook Repair Monitor LCD
  • 11. Ebook Repair Power Supply PC
  • 12. Ebook Panduan Teknisi Elektronika

Keterangan selengkapnya, silahkan KLIK DINISI

Tags: , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *