Laptop Mati Sendiri, Penyebab dan Solusinya


>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<<
ebook-servis-komputer

Laptop Mati SendiriLaptop Mati Sendiri, bukan hal aneh apalagi jika anda adalah seorang gamer sejati yang mengandalkan laptop. Namun masalah yang mirip kerusakan laptop ini jadi menjengkelkan jika anda bukan gamer, tidak ada perubahan yang anda lakukan pada laptop tetapi pada waktu-waktu tertentu terutama ketika sedang bekerja dan laptop tiba-tiba mati sendiri tanpa sebab jelas dan laptop mati tanpa peringatan

Laptop Mati Sendiri, Penyebab dan Solusinya

Secara umum laptop mati yang akhirnya menjadi laptop mati total ini disebabkan oleh dua hal berbeda. Penyebab laptop mati yang paling sering adalah kerusakan hardware laptop. Penyebab kedua adalah masalah software atau kerusakan software. Pada kesempatan ini laptop mati sendiri hanya akan saya bahas dari sisi permasalahan hardware saja.

Penyebab Laptop Mati Sendiri

Ada banyak permasalahan hardware laptop yang menyebabkan laptop tiba-tiba mati;

  1. Laptop kepanasan. Hal ini akan menyebabkan laptop mati sendiri. Mengapa? Karena laptop mempunyai system otomatis mematikan dirinya sendiri jika mengalami kepanasan. System sensor panas pada laptop akan mematikan power laptop jika suhu sudah mencapai tingkat tertentu.  Solusi : Pastikan bahwa saluran udara pada bagian bawah laptop dalam keadaan bersih. Bersihkan dari segala debu untuk memperlancar saluran udaranya. Namun jika harus menggunakan laptop dalam waktu yang cukup lama, anda sebaiknya menggunakan sebuah cooling pad, karena ini akan membantu mempercepat pembuangan udara panas yang ada di laptop anda.
  2. Permasalahan RAM laptop. Ada beberapa masalah yang sering terjadi pada laptop yang bisa menyebabkan laptop mati sendiri atau setidaknya laptop hang ketika sedang digunakan. Pertama RAM yang tidak pas pada kedudukannya atau kaki RAM tidak rapat pada slot. Kedua kaki atau pin RAM sudah mengalami korosi. Kedua masalah memori ini akan menyebabkan kontak antara slot memori dengan memori akan terhambat. Ini akan menyebabkan RAM susah diakses, laptop akan bekerja lebih keras dan lebih cepat panas dan kalau sudah kepanasan maka akhirnya laptop mati sendiri. Solusi : Bersihkan RAM dengan menggunakan penghapus pensil atau pulpen, Gosokkan perlahan-lahan pada bagian tersebut untuk membersihkan kotoran yang menempel. Lalu pasang kembali RAM pada tempatnya .
  3. Processor laptop terlalu panas. Jantung laptop ini jika terlalu panas akan menyebabkan pula perintah otomatis untuk mematikan laptop. Itu sebabnya jika ini terjadi maka laptop mati sendiri. Penyebab processor laptop overheating ini bisa disebabkan karena mungkin antara pendingin dengan CPU tidak menempel dengan baik karena pasta CPU sudah kering. Solusi : Buka processor, bersihkan pasta lama dan tambahkan pasta baru pada processor.
  4. Kerusakan mainboard laptop. Inilah bagian tersulit dalam mengerjakan laptop mati sendiri. Untuk keperluan ini sebaiknya anda memiliki ebook teknisi laptop yang kami terbitkan.

Dari 4 point diatas harapan saya sudah bisa membantu anda dalam mengatasi laptop mati sendiri

Ebook berikut ini akan sangat membantu Anda:
  • 1. Ebook Panduan Teknisi Komputer
  • 2. Ebook Teknis Laptop
  • 3. Ebook Memperbaiki Motherboard Laptop
  • 4. Ebook Pc Motherboard Repair
  • 5. Ebook Jaringan Komputer
  • 6. Ebook LED-LCD TV Repair
  • 7. Ebook Panduan Teknisi Ponsel
  • 8. Ebook Panduan Windows 10
  • 9. Ebook Hard Drive Repair
  • 10. Ebook Repair Monitor LCD
  • 11. Ebook Repair Power Supply PC
  • 12. Ebook Panduan Teknisi Elektronika

Keterangan selengkapnya, silahkan KLIK DINISI

Tags: , ,

One Response to Laptop Mati Sendiri, Penyebab dan Solusinya

  1. terima kasih mas.sangat lengkap keterangannya. saya juga pernah mengalamilaptop mati sendiri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *