Kipas Pendingin CPU Laptop dan Permasalahannya


>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<<
ebook-servis-komputer

Kipas Pendingin CPUKipas Pendingin CPU adalah Perangkat Notebook yang akan kita bahas kali ini. Pada artikel sebelumnya telah kita bahas tentang Prosesor laptop atau Central Processing Unit, sebuah perangkat yang masih sangat dekat dengan Kipas Pendingin CPU. Hal pertama yang penting adalah bahwa perangkat laptop ini tidak jauh beda dengan yang terdapat pada PC, hanya ukuran fisik yang beda.

 Kipas pendingin atau juga dikela sebagai CPU cooling fan adalah kipas khusus yang mendinginkan heatsink dan akhirnya mendinginkan CPU (Processor). Biasanya kipas pendingin CPU merupakan bagian dari heatsink dan terletak diatas logam heatsink dan logam inilah yang menyalurkan panas dari chip CPU. Selain kipas pendingin CPU, beberapa laptop memiliki GPU (graphics processing unit) juga mempunyai kipas untuk pendingin chip GPU. CPU dan kipas pendingin GPU terhubung langsung ke motherboard melalui kabel yang dililitkan dari kipas angin. Ketika CPU dan GPU chip mendapatkan panas, kipas pendingin akan berputar lebih cepat.

Jika Anda punya laptop dengan CPU modern, Anda memerlukan pendingin CPU modern pula. Dulu proses pendinginan CPU hanya mengandalkan pada plat aluminium yang dikenal sebagai heat sink alumunium yang sudah pasti tidak memuaskan, bahkan tidak dingin sama sekali. Ketika AMD CPU dikeluarkan, orang-orang mulai lebih serius membicarakan mengenai Kipas Pendingin CPU. Masalahnya adalah semakin banyak daya yang digunakan CPU semakin tinggi pula persyaratan pendinginan yang diminta.

Secara logika, Anda memerlukan heat sink yang cukup besar, dengan kipas di atasnya, untuk menyerap energi yang berubah jadi panas yang dihasilkan oleh CPU. Semakin cepat Kipas Pendingin CPU berjalan, dan tegangan suplai yang lebih tinggi, semakin banyak panas yang dapat diserap. Jika bagian pendinginan yang melekat pada bagian atas chip tidak dapat menyerap panas dengan cukup baik, CPU akan terlalu panas dan berhenti bekerja.
Kipas Pendingin CPU
Perhatikan bahwa “CPU berhenti bekerja” tidak berarti “dan tidak akan pernah bekerja lagi”.  Setelah perangkat dingin maka sistem dapat beroperasi kembali. Jika Anda menjalankan CPU dengan platform AMD dengan kipas kurang baik, Anda bisa meledakkannya sebagaiman pada AMD  Athlons dan Duron bisa meledak dalam hitungan detik, dan sering tidak disadari oleh pemiliknya.

Tetapi jika Anda hanya menggunakan pendingin yang tidak memadai, bukan tidak ada pendingin sama sekali, komputer laptop Anda hanya akan hang saja dalam beberapa saat. Bahkan jika Anda menjalankan CPU pada kecepatan normal, pendingin yang Anda pilih dapat mempengaruhi stabilitas sistem Anda, terutama jika Anda menggunakan chip panas AMD. Jika Anda seorang overclocker, pendinginan bertenaga tinggi sangat penting. Hanya karena kipas pendingin CPU terlihat, baik, keren, tidak berarti itu baik. Hanya karena itu mahal tidak berarti itu baik.

Ebook berikut ini akan sangat membantu Anda:
  • 1. Ebook Panduan Teknisi Komputer
  • 2. Ebook Teknis Laptop
  • 3. Ebook Memperbaiki Motherboard Laptop
  • 4. Ebook Pc Motherboard Repair
  • 5. Ebook Jaringan Komputer
  • 6. Ebook LED-LCD TV Repair
  • 7. Ebook Panduan Teknisi Ponsel
  • 8. Ebook Panduan Windows 10
  • 9. Ebook Hard Drive Repair
  • 10. Ebook Repair Monitor LCD
  • 11. Ebook Repair Power Supply PC
  • 12. Ebook Panduan Teknisi Elektronika

Keterangan selengkapnya, silahkan KLIK DINISI

Tags: , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *