Kerusakan Baterai CMOS Laptop, Cara Mengatasi


>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<<
ebook-servis-komputer

Kerusakan Baterai CMOS LaptopKerusakan Baterai CMOS Laptop bukan hal baru bahkan pada sebuah laptop yang terbilang masih baru. Setiap kali Anda mematikan laptop tanggal dan waktu kembali ke default pabrik. Ketika Anda menghidupkan kembali laptop akan meminta Anda untuk menetapkan tanggal dan waktu. Jika Kerusakan Baterai CMOS Laptop ini yang terjadi, kemungkinan besar baterai CMOS sudah tua dan harus diganti. By the way, melepas baterai CMOS pada laptop baru paling tidak akan menghapus password BIOS.

Kerusakan Baterai CMOS Laptop, Cara Mengatasi

Chip semikonduktor yang menyimpan BIOS pada board sistem disebut sebagai CMOS. Baterai CMOS memasok listrik untuk menjaga pengaturan BIOS saat laptop Anda dimatikan. Ketika baterai CMOS low, urutan booting dan masalah lain muncul.

Pesan Kerusakan Baterai CMOS Laptop

Laptop kehilangan pengaturan waktu dan tanggal. Anda memperhatikan pesan seperti: “CMOS Read Error,” “CMOS checksum error,” “load optimized defaults?” atau “Boot sector not found.” Tanda-tanda lain adalah plug-and-play perangkat tidak berfungsi atau hard drive tidak ditemukan pada urutan boot.

Penyebab Kerusakan Baterai CMOS Laptop

Baterai CMOS dalam keadaan low charge. Baterai akan terkuras jika sistem telah berumur panjang. Masalah lain seperti debu pada titik kontak atau baterai, dapat menyebabkan kegagalan. Sebuah sirkuit singkat pada sistem atau kartu ekspansi adalah penyebab lain.

  1. Tanda-Tanda Kerusakan Baterai CMOS Laptop. Sebuah baterai complementary metal oxide semiconductor (CMOS) menggunakan sirkuit baik polaritas negatif dan positif untuk beroperasi. Menurut Webopedia, ini berarti bahwa chip baterai lebih kecil dari chip standar, membuat mereka berguna untuk perangkat kecil atau portable. Laptop dan komputer pribadi menggunakan baterai CMOS untuk fungsi memori tertentu, termasuk tanggal dan waktu. Ketika laptop tidak berfungsi dengan baik, mungkin tidak benar-benar masalah berat pada laptop. Periksa gejala-gejala pertama untuk menentukan apakah itu adalah baterai CMOS atau bukan.
  2. Turning On/Off. Salah satu tanda dari masalah Kerusakan Baterai CMOS Laptop adalah bahwa laptop tidak bisa boot atau, terus mematikan diri tanpa Anda melakukan apa-apa. Jalankan scan virus sebelum mengganti baterai CMOS. Ini juga merupakan masalah yang sering Anda alami jika laptop Anda terinfeksi virus. Jika scan virus tidak menemukan apa-apa, cobalah menjalankan sebuah program. Tanda lain bahwa baterai CMOS gagal adalah bahwa Anda tidak dapat menjalankan program apapun. Jika Anda memiliki masalah kedua, coba mengubah keluarkan baterai dan ganti.
  3. Masalah Driver / Waktu. Komputer Terlalu Lambat, tanda yang paling jelas bahwa Anda memiliki masalah seperti tanggal atau waktu terus-menerus salah biasanya masalah pertama yang muncul karena daya baterai CMOS memori ini. Tanda lainnya adalah menyimpanan driver yang hilang untuk komponen sistem tertentu, termasuk printer misalnya. Sebagai contoh, Anda memiliki masalah CMOS jika printer Anda jelas diinstal pada sistem, tetapi Anda tetap mendapatkan pesan kesalahan “can’t find printer”. Mouse mungkin tidak bekerja dengan baik. Anda bahkan dapat menerima peringatan yang mengatakan bahwa komputer Anda tidak start dengan benar karena pengaturan sistem tertentu berubah.
  4. Tanda-tanda Kerusakan Baterai CMOS Laptop lainnya. Bunyi bip konstan adalah tanda lain bahwa baterai CMOS sedang sekarat. Tanda akhir bahwa baterai CMOS akan mati adalah bahwa Anda akan menerima pesan kesalahan. Tiga jenis utama dari pesan error: CMOS Checksum Error, CMOS Read Error and CMOS Battery Failure. Jika Anda menerima pesan kesalahan ini, Anda harus menjalankan laptop selama 24 jam untuk melihat apakah mengisi kembali baterai. Jika Anda masih mengalami masalah setelah jangka waktu ini, Anda harus mengganti baterai CMOS.

Cara Mendiagnosis Kerusakan Baterai CMOS Laptop

BIOS (basic input-output system) mengontrol tingkat rendah fungsi hardware laptop Anda. Ini memberi arah laptop untuk mengakses lokasi sistem operasi (OS) dan bertindak sebagai perantara antara OS dan perangkat keras. Pengaturan kustom untuk BIOS disimpan dalam CMOS yang biasanya didukung oleh baterai CMOS. Sebuah BIOS rusak sering disebabkan oleh kegagalan baterai CMOS. Mendiagnosis masalah ini dengan tepat adalah kunci dalam menentukan untuk memperbaiki kerusakan BIOS.

Instruksi

  1. Pastikan gejala kerusakan BIOS Anda. Troubleshooting adalah kombinasi dari proses eliminasi dan serangkaian dugaan. Listing gejala akan membuat proses lebih mudah.
  2. Carilah gejala umum untuk kegagalan baterai CMOS. Ini mungkin termasuk: error kegagalan CMOS battery, error CMOS checksum, kesalahan CMOS membaca, kehilangan setting BIOS, hilangnya sistem pengaturan jam yang benar, atau jam real-time berjalan lambat. Jika Anda tidak memiliki gejala-gejala tersebut, lanjutkan ke Langkah 4.
  3. Pastikan apakah motherboard baru atau lama. Jika laptop lebih dari 3 tahun, kerusakan BIOS kemungkinan besar disebabkan oleh kegagalan baterai CMOS dan mengganti baterai CMOS harus memecahkan masalah. Jika Anda membeli laptop dalam beberapa tahun terakhir, kurang kemungkinan mengalami kegagalan baterai, tetapi Anda harus mengganti baterai jika ada kasus.
  4. Update BIOS firmware atau beli motherboard baru. Jika tidak memiliki gejala yang tercantum pada Langkah 2, atau jika perubahan baterai tidak memecahkan masalah, mungkin perlu update BIOS firmware atau mungkin memiliki kegagalan hardware dalam motherboard.

Demikian Kerusakan Baterai CMOS Laptop dan cara mengatasinya, semoga dapat membantu.

Ebook berikut ini akan sangat membantu Anda:
  • 1. Ebook Panduan Teknisi Komputer
  • 2. Ebook Teknis Laptop
  • 3. Ebook Memperbaiki Motherboard Laptop
  • 4. Ebook Pc Motherboard Repair
  • 5. Ebook Jaringan Komputer
  • 6. Ebook LED-LCD TV Repair
  • 7. Ebook Panduan Teknisi Ponsel
  • 8. Ebook Panduan Windows 10
  • 9. Ebook Hard Drive Repair
  • 10. Ebook Repair Monitor LCD
  • 11. Ebook Repair Power Supply PC
  • 12. Ebook Panduan Teknisi Elektronika

Keterangan selengkapnya, silahkan KLIK DINISI

Tags: , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *