Kerusakan Adapter Laptop, Sebab Dan Solusi


>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<<
ebook-servis-komputer

Kerusakan Adapter Laptop Kerusakan Adapter Laptop walaupun tidak sesering kerusakan batteray laptop namun tidak berarti kasus ini menjadi langka. Bagaimana cara kita menggunakan laptop sangat mempengaruhi usia adapter laptop. Masalah merk laptop juga ikut mempengaruhi masalah ini, karena pada merk-merk tertentu kasus ini sangat sering terjadi sementara laptop yang saya gunakan saat ini masih aman dingan pemakaian min 8 jam sehari. Bukan promosi ya. Kita lanjutkan cara servis laptop ini.

 

Membeli adapter laptop yang baru bukan pilihan yang mudah. Untuk kalangan tertentu harga Adapter laptop lumayan mahal dan mungkin pemiliknya memutuskan untuk tidak membelinya. Dan pastinya Kerusakan Adapter Laptop anda akan merupakan penyesalan karena laptop sama sekali tidak bisa digunakan.

Berbagai Jenis Kerusakan Adapter Laptop

Kerusakan Adapter Laptop yang peling sering terjadi ada banyak macamnya, dan berikut ini akan saya uraikan yang paling umum dan mudah dikenali olah pengguna;

  • Kabel AC Adapter putus. Kerusakan Adapter Laptop gampang-gampang susah diamati. Jika pembungkus kabelnya rusak seperti pada gambar di bawah ini, menjadi mudah diamati. Tapi kadang juga kbelnya putus didalam tetapi mulus diluar. Untuk memastikan Kerusakan Adapter Laptop ini maka kita harus melakukan pengukuran tegangan.

    Jika hal tersebut terjadi biasanya battery laptop tidak akan bisa terisi dengan baik, karena kabel kadang tersambung dan kadang terputus. Hal tersebut masih tidak teralu membahayakan, hanya saja akan mempengaruhi usia laptop. Yang akan lebih parahnya jika kabel yang putus tersebut mengelupas di bagian dalam dan membuat kabel positif dan negatif terhubung secara tidak sengaja. Hal tersebut sangat berbahaya bagi adapter laptop kamu, karena jika terjadi hal seperti itu dengan waktu yang lama akan merusak semua komponen yang ada. Solusi masalah ini adalah kabel disambung pada bagian yang putus.

  • Fuse/ Sekering. Kerusakan Adapter Laptop yang kedua adalah masalah pada fuse. Ada sebagian adaptor dilengkapi dengan fuse, yang berfungsi untuk memutuskan arus atau tegangan apabila melebihi dari kapasitas yang dibutuhkan. Solusi: untuk komponen ini pertama kali kita cek terlebih dahulu putus apa tidak dengan dilihat secara fisik atau dengan multimeter.

  • Dioda short . diode korslet adalah Kerusakan Adapter Laptop selanjutnya. Fungsi dari dioda adalah sebagai penyearah arus AC yang berasal dari trafo switching menjadi arus DC sehingga dapat diterima oleh laptop. Jika terjadi hubungan arus pendek seperti pada masalah sebelumnyan maka dioda ini bisa saja tidak kuat untuk menahan beban berlebih sehingga putus dan Kerusakan Adapter Laptop pun terjadi.

 

  • Elco/Capasitor. Komponen ini juga sering menjadi salah satu Kerusakan Adapter Laptop. Perhatikan tanda-tanda fisik dari komponen ini, terjadi perubahan fisik apa tidak. Biasanya menyebabkan komponen output charger tidak stabil, maka perlu dicurigai komponen ini.
           

 

  • Transistor atau SCR. Komponen ini tidak jarang menjadi biang Kerusakan Adapter Laptop. Untuk langkah awal apabila waktu menggunakan adapter dan komponen ini panas kemungkinan transistor ini rusak. Solusi : ganti komponen.
  • Solderan Retak. Ini sebenarnya bukan Kerusakan Adapter Laptop karena tidak ada komponen yang rusak. Jika adaptor dalam kondisi panas atau terjatuh maka itu akan memperbesar peluang Kerusakan Adapter Laptop berupa retaknya solderan pada PCB adaptor kamu. Jika terjadi seperti itu maka adaptor tidak akan dapat berfungsi, karena fungsi dari solderan tersebut adalah sebagai penghubung dari semua kaki komponen yang bersangkutan. Solusi : lakukan solder ulang pada lokasi bersangkutan.
  • DC Conector Rusak atau terbakar. Kerusakan Adapter Laptop selanjutnya adalah DC konektor yang rusak atau kabelnya putus. Solusi:  Cek kondisi terminal in (DC conector pada laptop) mungkin terbakar atau rusak.
  • Adapter overheating. Kerusakan Adapter Laptop ini disebabkan oleh tegangan listrik dirumah menurun, atau dibawah 200Volt atau sebaliknya. Jika tegangan atau V (voltage) turun, maka i (current) yang naik, begitu sebaliknya. Current adalah kuat arus, semakin besar i, maka adaptor semakin panas. Makin panas adapter maka peluang Kerusakan Adapter Laptop semakin besar kemungkinannya. Adapter overheating bisa disebabkan oleh DC/DC converter pada MOBO laptop sudah bocor DC filternya.

Demikian masalah Kerusakan Adapter Laptop, semoga tidak pernah anda alami.

Ebook berikut ini akan sangat membantu Anda:
  • 1. Ebook Panduan Teknisi Komputer
  • 2. Ebook Teknis Laptop
  • 3. Ebook Memperbaiki Motherboard Laptop
  • 4. Ebook Pc Motherboard Repair
  • 5. Ebook Jaringan Komputer
  • 6. Ebook LED-LCD TV Repair
  • 7. Ebook Panduan Teknisi Ponsel
  • 8. Ebook Panduan Windows 10
  • 9. Ebook Hard Drive Repair
  • 10. Ebook Repair Monitor LCD
  • 11. Ebook Repair Power Supply PC
  • 12. Ebook Panduan Teknisi Elektronika

Keterangan selengkapnya, silahkan KLIK DINISI

Tags: , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *