Ebook Teknisi Laptop Ebook Teknisi Laptop Ebook Teknisi Laptop Ebook Teknisi Laptop Ebook Teknisi Laptop Ebook Teknisi Laptop

Diagnosa VGA Dan Pilihan Solusi

Diagnosa VGA Dan Pilihan Solusi adalah lanjutan dari artikel kerusakan vga yang sebelumnya saya bahas. Seperti yang selalu kami sebutkan di panduan pemecahan masalah, mencari tahu apa yang salah dan mendiagnosis suatu masalah selalu merupakan proses eliminasi. Apa yang harus dilakukan untuk memastikan masalah jika terjadi tanda-tanda tidak beres pada layar? Harap diperhatikan bahwa banyak tanda-tanda kerusakan yang tampak pada layar dan tidak selamanya penyebab adalah masalah vga. Beberapa hardware lain bisa memunculkan tanda yang mirip ketika rusak.

Diagnosa VGA Dalam Beberapa Langkah

  1. Yang pertama adalah, mulai dengan memeriksa koneksi Anda adalah yang terbaik untuk memulai diagnosa vga. Sambungan longgar dapat menyebabkan banyak masalah, terutama dengan kartu grafis. Dalam beberapa kasus, Anda tidak akan dapat memeriksa koneksi, terutama jika terjadi pada laptop, terutama dari produsen tertentu seperti Alienware yang membuatnya sedikit lebih sulit untuk mengakses komponen. Tentu saja, bukan masalah, karena – Secara umum – Anda tidak akan memiliki masalah dengan koneksi yang longgar di laptop.
  2. Jika Anda bisa membukan komputer, bersihkan debu sejauh yang Anda bisa, ini adalah pilihan lain untuk diagnosa vga. Jika debu atau serat melekat untuk jangka waktu yang lama, dengan mudah dapat menyebabkannya menjadi terlalu panas, tidak cukup ruang udara atau dan kipas berjalan dengan tidak baik.
  3. Hal berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah menjalankan beberapa tes perangkat lunak. Beberapa alat diagnostik di luar sana memiliki reputasi baik atau bahkan dapat diandalkan. Taruhan terbaik Anda adalah menjalankan sesuatu seperti GPU-Z dan melihat suhu real-time untuk melihat segala keanehan. Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan alat Heaven Benchmark untuk menguji kartu Anda. Jalankan selama beberapa jam – seharusnya bisa mengatasinya tanpa menyebabkan kesalahan grafis seperti artefak aneh dan lag.
  4. Selanjutnya, pastikan driver Anda pada kartu grafis Anda (dan monitor) semuanya up to date. Anda juga dapat mencoba mencopot pemasangan yang telah Anda miliki dan kemudian memasangnya kembali untuk memastikan diagnosa vga. Perlu dicatat bahwa Anda dapat me-remove driver tanpa kehilangan video. Windows akan menggunakan beberapa driver yang sangat mendasar untuk menampilkan video ke monitor Anda. Jadi, Anda tidak akan benar-benar kehilangan fungsionalitas video atau menyebabkan kerusakan pada kartu.
  5. Jika bisa berkonsultasilah dengan produsen kartu video Anda untuk petunjuk penginstalan tertentu. Anda dapat menemukan beberapa petunjuk khusus dari NVIDIA dan AMD pada situsnya. AMD sebenarnya memiliki alat pembersih gratis untuk bekerja secara otomatis.
  6. Jika memungkinkan dan ada persediaan, coba gunakan kartu grafis cadangan untuk diagnosa vga dan mengetahui apakah masalahnya ditemukan. Jika kartu grafis uji yang kita pasang memungkinkan komputer beroperasi tanpa masalah, sudah jelas kartu grafis lama perlu diganti.
  7. Jika kipas angin berhenti bekerja pada kartu video atau Anda melihat kapasitor yang bocor atau kembung, saatnya untuk mengganti. Dalam kasus ini terjadi, biasanya kartu video akan segera berhenti bekerja secara total.
  8. Dalam beberapa kasus, masalahnya bisa terjadi karena virus atau perangkat lunak perusak di komputer Anda. Itu mungkin bukan yang menyebabkan gambar aneh atau gangguan layar, tapi jika Anda mengalami kegagalan karena lag, ada kemungkinan besar malware adalah pelakunya. Pastikan untuk menjalankan perangkat anti-virus.

Diagnosa VGA

Dari 8 poin diagnosa vga di atas, moga-moga anda menemukan masalahnya.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *