Diagnosa Kerusakan Memori Laptop Dengan Software


>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<<
ebook-servis-komputer

Diagnosa Kerusakan Memori Laptop Diagnosa Kerusakan Memori Laptop bisa kita lakukan secara manual mekanik dan dengan menggunakan software misalnya Memtest86+. Secara manual maka bisa dilakukan hanya untuk memastikan memori laptop rusak atau slot yang rusak. Caranya adalah dengan mengganti memori yang dicurigai rusak dengan memori yang dipastikan masih baik. Cara ini tidak begitu akurat tetapi paling sering digunakan orang karena lebih simple. Cara Diagnosa Kerusakan Memori Laptop dengan software biasanya lebih rumit tetapi dengan hasil lebih meyakinkan.

Diagnosa Kerusakan Memori Laptop Dengan Software

Salah satu ciri memori laptop rusak adalah laptop sering hang. Namun laptop sering hang bukan hanya disebabkan oleh memori laptop rusak. Ada beberapa penyebab lain. Nah cara mengetahui kerusakan memori laptop, tak ada jalan lain, lakukan Diagnosa Kerusakan Memori Laptop dengan mengetes kerusakan memori sebagai pilihan paling tepat. Pada artikel ini saya menggunakan software test memori yaitu Memtest86+.

Skenario1: Persiapan

Method 1: Diagnosa Kerusakan Memori Laptop Dengan USB Memory Stick

  1. Unduh versi terakhir “Auto-installer for USB Key (Win 9x/2k/xp/7)” dari link ini: http://memtest.org/#downiso
  2. Masukkan flash drive USB kosong ke port komputer. Ukuran flash drive tidak masalah karena software ini membutuhkan space hanya 180 Kb saja.
  3. Extract file zip yang baru anda download ke suatu tempat kemudian double-click pada Memtest86+ USB Installer.exe.
  4. Ikuti setup utility. Untuk mencegah masalah, sebaiknya ikuti perintah format yang disiapkan. Lihat gambar dibawah ini;

Diagnosa Kerusakan Memori Laptop

 

Method 2: Diagnosa Kerusakan Memori Laptop Dengan CD

  1. Unduh versi terakhir “Precompiled Boot ISO (.zip) dari link ini: http://memtest.org/#downiso
  2. Extract file zip yang baru anda download ke suatu tempat misalnya desktop.
  3. Right-click pada ISO, dan pilih [Open with>Windows Disc Image Burner]. Lihat gambar ini;
  4. Masukkan CD kosong ke dalam CD Drive dan pastikan pilahan anda tepat pada [Disc burner]. Lihat gambar ini;
  5. Klik pada “Burn”.
  6. Sekarang CD siap pakai.

Skenario 2: Pelaksanaan Diagnosa Kerusakan Memori Laptop

  1. Dengan CD dalam drive, atau atau USB yang terpasang (tergantung pilihan metode anda) reboot komputer Anda. Jika tidak secara otomatis memtest boot, masuk ke BIOS dan mengubah drive CD atau drive USB untuk menjadi pilahan pertama boot.
  2. Memtest akan segera memulai pengujian secepat boot. Tidak ada intervensi yang diperlukan pada proses ini.
  3. Biarkan proses berjalan sampai paling tidak melewati 7 fase selesai, atau kesalahan yang ditemukan (mana yang terjadi terlebih dahulu). Semakin lama proses ini berjalan semakin baik karena berarti tidak ada kerusakan.

Melewati Tujuh fase akan memakan waktu beberapa puluh menti bahkan bisa sejam, tergantung pada jumlah RAM Anda. Disarankan proses Diagnosa Kerusakan Memori Laptop ini dijalankan ketika anda sedang istirahat.

Skenario 3: Membaca Hasil Diagnosa Kerusakan Memori Laptop :

Tujuannya test ini adalah untuk menguji semua RAM dan semua slot motherboard laptop. Periksa buku manual motherboard laptop anda untuk memastikan RAM stick pada slot motherboard sesuai yang direkomendasikan. Jika pada Diagnosa Kerusakan Memori Laptop Anda mendapatkan error, berhenti tes dan lanjutkan dengan langkah berikutnya.

  1. Jika laptop anda menggunakan lebih satu stik memori, buka memori dan sisakan satu saja RAM dari laptop Anda (tinggalkan RAM stick # 1), dan jalankan Memtest86 lagi, selama 7 fase. Jika stik memori #1 yang kita tes ini lulus, lanjutkan ke langkah 3 dibawah.
  2. Jika Diagnosa Kerusakan Memori Laptop pada RAM stick # 1 memiliki kesalahan, ulangi uji dengan RAM stick # 2 di slot motherboard yang sama. Jika RAM stick # 2 lolos kesalahan, ini menunjukkan bahwa tongkat RAM # 1 mungkin rusak. Jika Anda ingin benar-benar yakin, tes ulang RAM stick # 1 pada slot yang berbeda. Jika RAM stick # 2 memiliki kesalahan, ini menunjukkan RAM stik#2 rusak atau kegagalan slot motherboard slot.
  3. Lanjutkan Diagnosa Kerusakan Memori Laptop dengan menguji RAM (stick # 2) di slot motherboard yang lain. Amati hasilnya bagaimana. Jika ada kesalahan lagi, maka pasti RAM 2 rusak.
  4. Jika Anda menemukan sebuah RAM sudah lulus tes, tes di semua slot motherboard lainnya.

Catatan: Tes Diagnosa Kerusakan Memori Laptop ini hanya bisa anda lakukan ketika RAM belum rusak total karena jika anda menggunakan satu RAM saja dan rusak total maka komputer akan mati total dan test tidak bisa dilakukan. Pelengkap kerja anda, silahkan miliki ebook teknisi laptop dari kami

Ebook berikut ini akan sangat membantu Anda:
  • 1. Ebook Panduan Teknisi Komputer
  • 2. Ebook Teknis Laptop
  • 3. Ebook Memperbaiki Motherboard Laptop
  • 4. Ebook Pc Motherboard Repair
  • 5. Ebook Jaringan Komputer
  • 6. Ebook LED-LCD TV Repair
  • 7. Ebook Panduan Teknisi Ponsel
  • 8. Ebook Panduan Windows 10
  • 9. Ebook Hard Drive Repair
  • 10. Ebook Repair Monitor LCD
  • 11. Ebook Repair Power Supply PC
  • 12. Ebook Panduan Teknisi Elektronika

Keterangan selengkapnya, silahkan KLIK DINISI

Tags: , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *