Cara Tes Baterai Notebook, Petunjuk Sederhana

Cara Tes Baterai NotebookCara Tes Baterai Notebook adalah topic kita kali ini. Sebuah baterai laptop menyediakan listrik untuk laptop ketika tidak tersambung ke sumber listrik. Bagian yang memberi supply daya baterai laptop disebut AC Power Adapter. Baterai laptop hanya dapat memberi daya kepada laptop untuk waktu terbatas sebelum baterai kehilangan daya dan harus diisi ulang dengan AC Power Adapter. Mari kita lanjutkan artikel ini dalam cara servis laptop. Jangan lupa mengamati ebook teknisi laptop yang kami tulis di toko online

Cara Tes Baterai Notebook, Petunjuk Sederhana

Lamanya waktu baterai laptop dapat bertahan sebagian besar tergantung pada aplikasi dan program yang berjalan pada laptop. Cara Tes Baterai Notebook diperlukan jika mememerlukan kepastian untuk hal ini. Faktor-faktor lain yang mempengaruhi daya tahan baterai adalah umur baterai, ukuran, jenis, dan penggunaan. Ada beberapa Cara Tes Baterai Notebook yang berbeda untuk perkiraan berapa lama baterai bertahan dan untuk melihat apakah sudah waktunya untuk mengganti batrei.

Cara Tes Baterai Notebook lewat Persentase

Jumlah waktu yang tersisa pada baterai laptop dapat diukur dengan ikon baterai pada taskbar di pojok kanan bawah layar laptop. Kebanyakan laptop hanya memberikan persentase waktu yang tersisa dan bukan jumlah tertentu waktu yang tersisa sebelum baterai mati. Ikuti langkah-langkah Cara Tes Baterai Notebook berikut untuk menguji persentase penggunaan baterai laptop:

  1. Cara Tes Baterai Notebook yang paling pertama adalah Pasang AC Power Adapter ke stopkontak listrik, kemudian masukkan ujung lainnya ke laptop.
  2. Tinggalkan AC Power Adapter di laptop selama 4 sampai 8 jam untuk memungkinkan untuk mengisi penuh baterai. Pastikan laptop tidak menyala saat baterai sedang diisi.
  3. Cara Tes Baterai Notebook kita lanjutkan dengan melepaskan AC Power Adapter dari laptop, kemudian hidupkan laptop.
  4. Catat jumlah waktu yang diperlukan laptop dengan menggunakan baterai saja sampai laptop mati kehabisan daya batrei. Kelihatannya Cara Tes Baterai Notebook seperti ini mudah tapi butuh waktu. Perkiraan waktu akan lebih akurat jika program dan aplikasi yang biasanya digunakan dijalankan pada laptop selama tes ini. Misalnya, jika pengguna biasanya memeriksa e -mail , memainkan video YouTube, dan menggunakan aplikasi Facebook, tugas-tugas ini harus dilakukan laptop ketika merekam masa pakai baterai.
  5. Ulangi langkah Cara Tes Baterai Notebook point 1 , 2 , dan 3 di atas.
  6. Layangkan mouse di atas ikon baterai yang ada di taskbar di bagian bawah kanan layar laptop. Bila hal ini dilakukan, sebuah kotak kecil akan muncul dan menyatakan persentase daya baterai yang tersisa.
  7. Sekarang pengguna dapat mengkonversi persentase daya baterai yang tersisa dengan perkiraan waktu. Sebagai contoh, jika baterai bertahan selama 4 jam sebelum mati saat diuji dan ikon baterai mengatakan bahwa baterai memiliki 50 % daya yang tersisa, maka baterai akan berlangsung selama sekitar 2 jam lagi. Bahwa baterai yang sama akan berlangsung sekitar 1 jam pada 25 %. Masih kelihatan mudah Cara Tes Baterai Notebook seperti ini walau sebatas perkiraan saja.

 Uji Apakah Baterai Harus Diganti dengan Melihat Baterai Icon

Cara Tes Baterai Notebook berikut ini lebih urgen dan sangat menentukan dalam keputusan apakah sudah waktunya batrei diganti atau belum. Dalam rangka Cara Tes Baterai Notebook untuk menguji apakah baterai laptop harus diganti, ikuti beberapa langkah sederhana untuk menguji kinerja baterai. Untuk menggunakan ikon baterai untuk menguji apakah baterai laptop harus diganti, ikuti langkah berikut:

  1. Ikuti Langkah 1-3 di atas untuk mengisi penuh baterai laptop dan nyalakan laptop untuk bekerja dengan hanya menggunakan batrei.
  2. Cara Tes Baterai Notebook dilanjukan dengan melayangkan/hover mouse di atas ikon baterai pada taskbar di sisi kanan bawah layar. Pastikan baterai laptop dibebankan pada 100%.
  3. Cabut AC Power Adapter selama 10 menit dan jalankan laptop. Selama 10 menit, jalankan aplikasi atau program yang biasanya digunakan pada laptop saat anda bekerja.
  4. Setelah 10 menit sudah habis, periksa persentase pada ikon baterai.
  5. Jika baterai kehilangan lebih dari 1% per menit atau lebih dari 10% dalam 10 menit, baterai harus diganti.

Cara Tes Baterai Notebook, Petunjuk Sederhana semoga dapat membantu anda.

Social tagging: > > > >

Leave a Reply