Cara Tes Baterai Laptop, Panduan Sederhana


>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<<
ebook-servis-komputer

Cara Tes Baterai LaptopCara tes baterai laptop anda butuhkan ketika laptop tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Intinya adalah laptop macet ketika anda menggunakan baterai saja dan laptop berfungsi baik ketika anda menggunakan adapter. Secara logika ketika itu terjadi ada dua kemungkinan, yang pertama charge laptop rusak pada mainboard, dan yang kedua karena memang baterai laptop sudah rusak. Untuk itu anda harus tahu cara tes baterai laptop untuk memastikan letak kerusakannya.

Cara Tes Baterai Laptop, Panduan Sederhana

Sebuah baterai laptop menyediakan listrik untuk laptop ketika tidak tersambung ke sumber listrik dengan adapter. Sumber daya listrik yang memberi daya baterai laptop disebut AC Power Adapter. Baterai laptop hanya memberi daya kepada laptop untuk waktu terbatas sebelum baterai kehilangan daya dan harus diisi ulang dengan AC Power Adapter.

Lamanya waktu baterai laptop bertahan, sebagian besar tergantung pada aplikasi dan program user berjalan pada laptop. Faktor-faktor lain yang mempengaruhi daya tahan baterai adalah umur baterai, ukuran, jenis, dan penggunaan. Ada beberapa Cara Tes Baterai Laptop yang berbeda untuk memperkirakan berapa lama baterai bertahan dan untuk melihat apakah sudah waktunya untuk mengganti baterai.

Cara Tes Baterai Laptop via Persentase

Jumlah waktu yang tersisa pada baterai laptop dapat diukur dengan ikon baterai pada taskbar di pojok kanan bawah layar laptop. Kebanyakan laptop hanya memberikan persentase waktu yang tersisa dan bukan jumlah tertentu waktu yang tersisa sebelum baterai mati.

 Ikuti langkah-langkah Cara Tes Baterai Laptop
berikut ini dalam hal tampilan persentase:

  1. Pasang AC Power Adapter ke stopkontak listrik , kemudian masukkan ujung lainnya ke laptop.
  2. Biarkan AC Power Adapter di laptop selama 4 sampai 8 jam untuk memungkinkan untuk mengisi penuh baterai. Pastikan laptop tidak menyala saat baterai sedang diisi. Ini adalah Cara Tes Baterai Laptop memastikan apakah bisa terisi 100%
  3. Lepaskan AC Power Adapter dari laptop , kemudian hidupkan laptop pada.
  4. Catat jumlah waktu yang diperlukan untuk baterai menggunakan semua daya pada baterai sampai laptop mati. Perkiraan waktu akan lebih akurat jika ada program dan aplikasi yang biasanya digunakan dijalankan pada laptop selama tes ini. Misalnya, jika pengguna biasanya memeriksa e -mail , memainkan video YouTube , dan menggunakan aplikasi Facebook , tugas-tugas ini harus dilakukan ketika merekam masa pakai baterai.
  5. Ulangi langkah 1 , 2 , dan 3.
  6. Hover mouse di atas ikon baterai yang ada di taskbar di bagian bawah kanan layar laptop. Bila hal ini dilakukan, sebuah kotak kecil akan muncul dan menyatakan persentase daya baterai yang tersisa.
  7. Sekarang pengguna dalam Cara Tes Baterai Laptop dapat mengkonversi persentase daya baterai yang tersisa untuk perkiraan waktu. Sebagai contoh, jika baterai berlari selama 4 jam sebelum mati saat diuji dan ikon baterai mengatakan bahwa baterai memiliki 50 % daya yang tersisa, maka baterai akan bertahan selama sekitar 2 jam lagi. Bahwa baterai yang sama akan bertahan sekitar 1 jam pada 25 %

Dalam rangka untuk menguji apakah baterai laptop harus diganti, ikuti beberapa langkah sederhana Cara Tes Baterai Laptop untuk menguji kinerja baterai.

Untuk menggunakan ikon baterai untuk menguji baterai laptop apakahharus diganti, ikuti langkah berikut:

  1. Ikuti Langkah 1-3 di atas untuk mengisi penuh baterai laptop dan menyalakan komputer.
  2. Hover mouse di atas ikon baterai pada taskbar di sisi kanan bawah layar. Pastikan baterai laptop dibebankan pada 100%.
  3. Cabut AC Power Adapter untuk 10 menit dan biarkan laptop tetap on. Selama 10 menit, jalankan aplikasi atau program biasanya digunakan pada komputer.
  4. Setelah 10 menit sudah habis, memeriksa persentase pada ikon baterai.
  5. Jika baterai kehilangan lebih dari 1% per menit atau lebih dari 10% dalam 10 menit, baterai harus diganti. Ini Cara Tes Baterai Laptop yang kedua.
Ebook berikut ini akan sangat membantu Anda:
  • 1. Ebook Panduan Teknisi Komputer
  • 2. Ebook Teknis Laptop
  • 3. Ebook Memperbaiki Motherboard Laptop
  • 4. Ebook Pc Motherboard Repair
  • 5. Ebook Jaringan Komputer
  • 6. Ebook LED-LCD TV Repair
  • 7. Ebook Panduan Teknisi Ponsel
  • 8. Ebook Panduan Windows 10
  • 9. Ebook Hard Drive Repair
  • 10. Ebook Repair Monitor LCD
  • 11. Ebook Repair Power Supply PC
  • 12. Ebook Panduan Teknisi Elektronika

Keterangan selengkapnya, silahkan KLIK DINISI

Tags: , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *