Batrei Tidak Mau Charge, Kumpulan Masalah Dan Solusinya


>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<<
ebook-servis-komputer

Batrei Tidak Mau ChargeBatrei Tidak Mau Charge, persoalan besar yang sering dialami pemilik laptop. Yang mengsalkan adalah kadang seolah-olah charge berjalan normal namun nyatanya batrei laptop tidak terisi. Dalam beberapa posting dan ebook teknisi laptop yang saya tulis sebagian sudah saya bahas mengenai masalah ini. Dalam artikel ini saya menjelaskan lagi cara memecahkan masalah pengisian baterai. Saya akan membahas contoh kegagalan yang paling umum dan beberapa saran langkah pemecahan masalah.

Batrei Tidak Mau Charge, Kumpulan Masalah Dan Solusinya

Kasus 1, Laptop shuts off ketika AC adapter dilepaskan

Kasus Batrei Tidak Mau Charge yang pertama adalah Laptop shuts off ketika AC adapter dilepaskan. Ini berarti sebenarnya tidak ada pengisian batrei. Bila Anda memindahkan kursor panah di atas ikon baterai saat laptop terhubung ke adaptor AC, itu menunjukkan muatan yang tersisa dan mengatakan “ada pengisian”.

Utilitas meteran listrik (jika tersedia) juga menunjukkan bahwa baterai terhubung dan ada pengisian lihat gambar berikut;

Tapi … segera setelah Anda mencabut adaptor AC, laptop mati sepenuhnya. Skali lagi ini berarti Batrei Tidak Mau Charge.

Untuk kasus batrei tidak mau charge seperti ini, ada beberapa kemungkinan penyebab;

  1. Baterai tidak terpasang dengan benar. Solusi >> Coba buka batrei dan pasang kembali itu. Semoga Batrei Tidak Mau Charge sudah teratasi.
  2. Para kontak baterai dengan socket tidak rapat karena kotor atau teroksidasi maka kontak atau hubungan dengan motherboard tidak akan baik dan pasti Batrei Tidak Mau Charge. Solusi >> Gunakan contact cleaner elektronik untuk membersihkan wilayah yang dimaksud.
  3. Jika buka-pasang kembali baterai tidak membantu, kemungkinan besar cell batrei rusak. Solusi >> batrei harus diganti.
  4. Jika anda mengganti baterai tapi masalahnya masih ada, ini adalah kerusakan pada motherboard. Bisa jadi sirkuit pengisian pada motherboard tidak normal. Solusi >> Dalam hal charge dari motherboard harus diperiksa (atau diperbaiki pada tingkat komponen).

Kasus 2, Batrei Tidak Mau Charge adalah batrei tidak terdeteksi oleh laptop.

Dalam kasus ini, ada silang merah (red cross) pada ikon batrei seperti gambar berikut;

Jika Anda memindahkan kursor panah atas ikon baterai, ia mengatakan “tidak ada baterai terdeteksi”. Jika demikian maka jelas batrei tidak mau charge. Kemungkinan masalah:

  1. Kemungkinan besar baterai rusak (cell bocor). Solusi >> Anda memiliki kesempatan yang sangat baik untuk memperbaiki masalah ini dengan menggantinya dengan yang baru.
  2. Jika mengganti baterai tidak membantu, ini adalah kerusakan motherboard bagian charge. Solusi >> untuk mengatasi batrei tidak mau charge ini maka Motherboard harus diperiksa (atau diperbaiki pada tingkat komponen).

Kasus 3, Batrei Tidak Mau Charge ada isi batrei sangat cepat habis ketika mencapai critical point tertentu.

Dalam kasus Batrei Tidak Mau Charge di atas dapat kita ketahui bahwa batrei laptop dideteksi dengan charges properly to 80%. Ketika anda melepas AC adapter, laptop masih jalan normal, tetapi ketika mencapai titik dibawah itu mis 75% maka isi batrei sangan cepat drop menuju titik 0% dan laptop akhirnya matot.

Dalam kasus Batrei Tidak Mau Charge seperti di atas bisa dipastikan penyebab adalah kerusakan pada batrei. Solusi >> ganti batrei dengan yang baru.

Kasus Batrei Tidak Mau Charge 4, batrei mau charge hanya jika socket ac adapter terkoneksi pada posisi tertentu.

Anda harus menggoyangkan steker listrik jack DC yang masuk ke mainboard dengan posisi tertentu barulah bisa mengisi baterai. Jika jack DC ini berubah posisi proses charge berhenti.

Dalam kasus Batrei Tidak Mau Charge ini dipastikan bahwa koneksi antara jck DC dan socket pada motherboard tidak bagus.

  1. AC adapter terutama jack DC mengalami kerusakan. Bisa juga karena kabel DC adapter terutama sekitar jack terputus.
  2. Jika jika andat tes kabel jack DC dan normal walau digoyang maka kasus Batrei Tidak Mau Charge harus diatasi dengan memperbaiki socket DC pada motherboard laptop. Lihat gambar di bawah ini. Solusi >> perbaiki socket DC atau ganti sekalian.

Ebook berikut ini akan sangat membantu Anda:
  • 1. Ebook Panduan Teknisi Komputer
  • 2. Ebook Teknis Laptop
  • 3. Ebook Memperbaiki Motherboard Laptop
  • 4. Ebook Pc Motherboard Repair
  • 5. Ebook Jaringan Komputer
  • 6. Ebook LED-LCD TV Repair
  • 7. Ebook Panduan Teknisi Ponsel
  • 8. Ebook Panduan Windows 10
  • 9. Ebook Hard Drive Repair
  • 10. Ebook Repair Monitor LCD
  • 11. Ebook Repair Power Supply PC
  • 12. Ebook Panduan Teknisi Elektronika

Keterangan selengkapnya, silahkan KLIK DINISI

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *