Apa Itu Memori Komputer, Penjelasan Sederhana


>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<<
ebook-servis-komputer

Memori KomputerApa Itu Memori Komputer? Sebuah pertanyaan mendasar. Dalam dalam komputasi, Memori Komputer mengacu pada perangkat fisik yang digunakan untuk menyimpan program (urutan instruksi ) atau Program data secara sementara atau permanen untuk digunakan dalam komputer atau perangkat elektronik digital lainnya. Memori komputer utama istilah digunakan untuk informasi dalam sistem fisik yang berfungsi pada kecepatan tinggi ( yaitu RAM ), sebagai perbedaan dari memori sekunder, yang merupakan perangkat fisik untuk program dan penyimpanan data yang lambat untuk diakses tetapi menawarkan kapasitas memori yang lebih tinggi.

Memori komputer utama yang diambil dari memori sekunder disebut “virtual memory”. Sebuah sinonim kuno tentang memori komputer adalah store. Istilah “memori”, yang berarti memori utama sering dikaitkan dengan addressable semiconductor memory, misalnya sirkuit terpadu yaitu terdiri dari transistor berbasis silikon, yang digunakan misalnya sebagai memori utama tetapi juga tujuan lain dalam komputer dan perangkat elektronik digital lainnya.

Ada dua jenis utama dari memori semikonduktor : volatile dan non-volatile. Contoh memori non-volatile adalah flash memori (kadang-kadang digunakan sebagai memori sekunder, kadang-kadang sebagai memori primer) dan memori ROM / PROM / EPROM / EEPROM ( digunakan untuk firmware seperti program boot). Contoh memori volatile adalah memori komputer utama (RAM biasanya dinamis atau DRAM) , dan memori cache cepat CPU (biasanya RAM statis, SRAM, yang cepat tetapi memakan energi dan menawarkan kapasitas memori yang lebih rendah per satuan luas daripada DRAM).

Kebanyakan memori semikonduktor ini diatur dalam memory cells atau bistable flip-flops, masing-masing menyimpan satu bit ( 0 atau 1 ). Organisasi memori flash mencakup satu bit per sel memori dan beberapa bit per cell ( MLC atau Multiple Level Cell ). Sel-sel memori yang dikelompokkan dalam kata-kata panjang, kata tetap misalnya 1, 2, 4, 8, 16, 32, 64 atau 128 bit. Setiap kata dapat diakses oleh alamat biner N bit, sehingga memungkinkan untuk menyimpan 2 N dalam memori. Ini berarti bahwa register prosesor biasanya tidak dianggap sebagai memori, karena mereka hanya menyimpan satu kata dan tidak termasuk mekanisme pengalamatan. Istilah penyimpanan ini sering digunakan untuk menggambarkan memori sekunder seperti tape, disk magnetik dan cakram optik ( CD – ROM dan DVD – ROM ).

Dalam beberapa artikel berikut saya akan membahas mengenai macam-maca memori termasuk jenis memori laptop. Kita akan membahas secara detail;

Registered Memory

  1. DRAM (Dynamic Random Access Memory)
  2. Random Access Memory
  3. SODIMM
  4. NVRAM (Non-Volatile Random Access Memory)
  5. PROM (Programmable Read Only Memory)
  6. EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read-Only Memory)
  7. Video RAM
  8. Unbuffered Memory
  9. SIMM (Single In-line Memory Module)
  10. DIMM (Dual In-line Memory Module)
  11. ECC Memory
  12. Virtual Memory
  13. DDR2 SDRAM
  14. CMOS RAM
  15. MRAM (Magnetoresistive Random-Access Memory)
  16. DDR SDRAM
  17. SDR SDRAM
  18. ROM (Read Only Memory)
Ebook berikut ini akan sangat membantu Anda:
  • 1. Ebook Panduan Teknisi Komputer
  • 2. Ebook Teknis Laptop
  • 3. Ebook Memperbaiki Motherboard Laptop
  • 4. Ebook Pc Motherboard Repair
  • 5. Ebook Jaringan Komputer
  • 6. Ebook LED-LCD TV Repair
  • 7. Ebook Panduan Teknisi Ponsel
  • 8. Ebook Panduan Windows 10
  • 9. Ebook Hard Drive Repair
  • 10. Ebook Repair Monitor LCD
  • 11. Ebook Repair Power Supply PC
  • 12. Ebook Panduan Teknisi Elektronika

Keterangan selengkapnya, silahkan KLIK DINISI

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *